Tips Menurunkan Berat Badan Anak dengan Cepat dan Aman

Bunda, tahukah kalau saat ini, satu dari lima anak muda berusia 6-19 tahun mengalami obesitas. Padahal, kini pemerintah sedang gencar-gencarnya promosi dan sosialisasi masalah kesehatan kepada masyarakat, khsusnya bagaimana mengatasi masalah pola makan yang mempengaruhi berat tubuh anak-anak. Permasalahannya adalah, berat tubuh anak tidak melulu dipengaruhi akibat adanya aktivitas secara fisik tapi juga emosional.

Orangtua Adalah Kuncinya!

Orang tua adalah kunci bagi anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas untuk dapat menurunkan berat badannya. Tapi apa yang bisa Bunda lakukan untuk memastikan anak-anak bunda tetap mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan sambil menjalani program berat badan? Berikut adalah 10 cara untuk membantu Bunda agar si kecil dapat menurunkan berat badan.

Ikuti 10 tips bagaimana menurunkan berat badan pada anak

1. Diet Mediterania

Makanan adalah kunci untuk menurunkan berat badan pada anak. Diet tertentu dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk pola makan sehat. Diet Mediterania, yang menekankan pada konsumsi buah, sayuran, lemak sehat seperti minyak zaitun, ikan dan biji-bijian bisa menjadi makanan yang tepat untuk memulainya. Anak-anak umumnya terbiasa dengan sebagian besar makanan ini. Diet Mediterania juga membantu menjaga tubuh anak untuk mencegah penyakit jantung dan masalah kesehatan terkait obesitas lainnya seperti diabetes dan komplikasi metabolik.

2. Kurangi Makanan Olahan dan Gula

Kemungkinan besar, seluruh keluarga Bunda akan mulai merasakan manfaat kesehatan dengan segera setelah Bunda mengurangi untuk menyajikan makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula. Bunda harus segera menyingkirkan karbohidrat olahan, karena makanan seperti ini memiliki kalori kosong dengan nilai gizi nol.

Selanjutnya, saatnya untuk mulai mengurangi makanan ringan. Kue, yogurt, jus buah kemasan adalah makanan/minuman yang mengandung banyak gula. Kecuali 100 persen jus buah segar.

3. Masak di Rumah

Ini bisa menjadi tantangan nyata bagi keluarga yang sibuk. Antara pekerjaan, sekolah, pekerjaan rumah dan kegiatan lainnya. Rasanya tidak ada waktu untuk memasak. Tapi ini adalah salah satu hal terpenting yang bisa Bunda lakukan untuk membantu anak bunda menurunkan berat badan. Makanan rumahan berarti anak-anak makan sesuatu yang bergizi dengan ukuran porsi yang sesuai.

4. Ajak Bergerak

Jika anak Bunda menikmati olahraga, bermain setelah sekolah adalah cara mudah untuk membuat anak Bunda tetap aktif bergerak. Bahkan lebih baik, aktif dengan mereka adalah cara yang bagus untuk mendorong aktivitas fisik dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Bunda bisa berjalan kaki bersama, jogging, bersepeda atau berenang. Anak-anak akan melihat bahwa menjadi aktif tidak hanya di kelas olahraga saja, tapi juga di luar jam sekolah bahkan lebih menyenangkan.

5. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Banyak dari kita tumbuh dalam masa ketika kita dipaksa untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piring kita, terlepas dari apakah kita masih lapar atau tidak pokoknya makannya harus dihabiskan. Padahal, bayi sekalipun akan berhenti dari menyusu saat mereka sudah kenyang. Demikian pula, jika anak Bunda mengatakan bahwa dia tidak terlalu lapar atau kenyang sebelum menyelesaikan semuanya, jangan memaksanya untuk menghabiskan makanan mereka.