Tips dan Cara Agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering kerap dirasakan oleh banyak orang, terutama saat sedang dehidrasi atau akibat sering terpapar udara panas. Bibir kering ringan umumnya hanya mengganggu penampilan, namun kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan iritasi dan luka pada bibir. Adakah cara agar bibir tidak kering? tentu saja ada, berikut kami rangkumkan ulasannya.

Bibir merupakan bagian tubuh yang sensitif terhadap kelembapan di sekitarnya. Udara yang terlalu kering atau dingin akan membuat permukaan bibir jadi cepat kering. Hal itu terjadi karena lapisan kulit bibir tidak memiliki kelenjar keringat seperti yang terdapat pada kulit tubuh.

Bibir yang kering kehilangan kelembapannya sehingga menyebabkan lapisan kulit terluarnya menipis dan terkadang hingga terbentuk retakan, inilah yang sering disebut bibir pecah-pecah. Jika dibiarkan, kondisi ini akan jadi lebih parah terutama jika disertai infeksi jamur.

Sebelum membahas cara-cara agar bibir tidak kering, ada baiknya kita cermati apa saja yang umumnya jadi pemicu bibir kering diantaranya seperti berikut ini:

  • Dehidrasi, kurangnya asupan cairan tubuh juga akan berpengaruh pada kelembapan bibir. Efeknya bibir jadi kering, muncul retakan hingga mengelupasnya kulit bibir.
  • Terpapar sinar matahari terlalu lama, saat sedang berlibur di pantai atau bekerja di bawah terik matahari bibir dapat terpapar panas berlebih hingga menyebabkan lapisan luarnya kering dan pecah-pecah.
  • Suhu yang terlalu dingin, umumnya bibir kering akibat suhu dingin terjadi pada orang-orang di daerah yang mengalami musim dingin. Namun menggunakan AC ruangan yang terlalu dingin dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan bibir kering.
  • Kebiasaan merokok, merokok dapat menghilangkan kelembapan alami bibir dan menyebabkan bibir kering. Hindari rokok jika ingin bibir yang sehat.
  • Defisiensi nutrisi, kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Cukupi kebutuhan nutrisi dari pola makan yang sehat atau dengan bantuan suplemen.

Beragam Cara Agar Bibir tidak Kering

Bibir kering sebenarnya bisa dihindari dengan beragam cara mudah yang terkadang kurang disadari sebagian orang. Berikut beberapa cara ampuh agar bibir tidak cepat kering.

1. Hindari sering menjilat bibir

Menjilat bibir atau membasahi bibir dengan liur kerap dilakukan orang untuk mengurangi rasa kering di bibirnya. Padahal itu kekeliruan besar yang dapat membuat bibir malah semakin kering.

Kandungan enzim tertentu dari liur dapat menyebabkan kulit di permukaan bibir jadi lebih kering dan teriritasi. Jika bibir terasa agak kering, alih-alih menggunakan liur cobalah menggunakan pelembap bibir dari bahan alami yang aman.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Air merupakan kebutuhan tubuh yang sangat penting. Kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya dehidrasi. Ketika dehidrasi cairan pada beberapa organ berkurang, termasuk kulit dan bibir. Efeknya bibir jadi mudah kering, pecah-pecah bahkan hingga luka dan iritasi.

Mengatasinya sebenarnya cukup mudah, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan minimal 8 gelas sehari. Konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka juga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

3. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Kekurangan beberapa jenis vitamin dan mineral esensial tubuh dapat berujung masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah pada mulut, bibir kering, sariawan dan infeksi lebih mudah terjadi jika tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

Beberapa nutrisi seperti vitamin B, vitmain C, zat besi, asam lemak esensial, serta multivitamin dan mineral penting lainnya sebaiknya dicukupi untuk menjaga bibir tetap sehat. Lebih baik lagi jika kesemua kebutuhan nutrisi itu dapat terpenuhi dari menu makanan sehari-hari.

4. Hindari suasana ekstrim tanpa pelindung bibir

Berenang, berlibur di pantai atau kepanasan seharian dalam perjalanan bermotor mengharuskan kita menjaga bibir lebih ekstra. Paparan angin, panas matahari dan bahan kimia di air kolam renang dapat mengikis kelembapan bibir. Bibir jadi lebih cepat kering bahkan hingga pecah-pecah.

Aplikasikan lip balm atau tabir surya sebelum berenang atau berlibur di pantai. Ingat, bukan hanya kulit yang bisa terbakar matahari, bibir juga demikian. Selain itu, selalu gunakan masker atau scraf jika berkendara dengan motor di siang hari untuk melindungi bibir dari panas dan angin.

5. Hindari sering bernafas lewat mulut

Untuk kondisi tertentu seperti hidung tersumbat atau kelelahan saat olahraga orang umumnya akan banyak bernafas lewat mulut. Bernafas seperti ini dapat mengikis kelembapan pada bibir dan menyababkan bibir kering.

Solusinya, jika hidung tersumbat gunakan inheler pelega nafas atau bila perlu konsultasikan dengan dokter agar mendapat penanganan terbaik. Hindari bernafas lewat mulut saat olahraga karena malah dapat menyebabkan tubuh lebih mudah lelah.

6. Hindari menggigit bibir

Sebagian orang terbiasa menggigit bibir pada kondisi panik atau saat bibirnya terasa kering. Cara ini mungkin akan meredakan panik atau membuat bibir yang kering jadi lebih basah untuk sementara. Namun efeknya bibir jadi lebih kering atau terkelupas lapisan kulitnya dan menyebabkan iritasi.

7. Hindari makanan yang mengiritasi bibir

Makan tertentu seperti saus sambal pedas atau wasabi dapat menyebabkan masalah pada bibir. Perhatikan bibir Anda setelah mengonsumsi makanan dengan level pedas yang tinggi. Jika muncul tanda-tanda iritasi pada bibir, hindari konsumsi jenis makan tersebut jika ingin bibir Anda tetap sehat dan tidak kering.

8. Gunakan lip balm dan sunscreen

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan harus terpapar sinar matahari, sebaiknya gunakan lip balm secara rutin dan ulangi penggunaannya jika bibir sudah mulai kering. Beberapa produk lip balm umumnya juga sudah dilengkapi sunscreen. Pilihlah yang kandungan SPF nya diatas 15 agar perlindungannya maksimal.

Beragam cara agar bibir tidak kering di atas dapat Anda jadikan panduan saat kondisi sekitar Anda mulai tidak ramah dengan kulit bibir. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebutuhan nutrisi tetap mencukupi agar terhindar dari masalah pada bibir.