Tips Agar Puting Tidak Digigit Bayi Saat Menyusui

Bunda, menyusui adalah sebuah kewajidan yang memberikan kebanggan bagi kita. Suka dan duka bercampur aduk saat kita mempu memberikan ASI pada si kecil. Sukanya, jelas Bunda bisa memberikan asupan gizi yang sehat bagi si kecil. Dukanya, tidak sedikit dari ibu menyusui yang merasa kesakitan saat menyusui karena putingnya digigit bayi sampai lecet-lecet. Biasanya, hal ini terjadi ketika si kecil sudah mengalami tumbuh gigi.

Sebetulnya, bayi yang baru tumbuh gigi akan merasa gusinya gatal sehingga jika dalam keadaan biasa ia akan seperti menggigit2 sesuatu, sementara saat disusui mau tidak mau puting Bunda yang jadi korban. Megigit puting adalah salah satu cara yang dilakuakn bayi untuk menghilangkan ketidaknyamanan rasa gatal pada gusi.

Rasa perih pada puting yang disebabkan gigitan si Kecil pun dapat membuat ibu trauma untuk menyusui. Jangan sampai Bunda trauma ya, ini hal yang biasa. Kebiasaan mengigit pada bayi ini pun dapat diatasi.

Di bawah ini beberapa tips mencegah kebiasaan mengigit puting pada si Kecil:

  1. Pastikan posisi menyusui yang benar
    Pastikan perlekatan yang baik saat si Kecil menyusu. Usahakan mulut bayi benar-benar terbuka lebar, lalu segera masukkan aerola ke dalam mulutnya.
  1. Susui ketika si Kecil mau dan benar-benar lapar
    Jangan paksa si Kecil untuk menyusu karena biasanya dia akan mengigit puting Anda sebagai bentuk keterpaksaannya atau menganggap puting sebagai mainannya.
  1. Berikan perhatian penuh pada si Kecil
    Lakukan kontak mata dengan si kecil saat Anda menyusuinya. Selain itu, Anda bisa membacakan dongeng saat dia menyusu.
  1. Pilih tempat yang nyaman dan tenang untuk menyusui
    Tempat yang tenang dan nyaman untuk menyusui membuat si Kecil konsentrasi untuk menyusu tanpa mengigit puting. Sebaliknya, tempat yang ramai akan membuat si Kecil menoleh ke sumber suara tanpa melepaskan puting.
  1. Akhiri menyusui dengan lembut
    Si Kecil biasanya akan mengigit di saat akhir menyusu. Karena itu, tarik perlahan puting Anda saat sedotan si Kecil melemah pertanda dia akan selesai menyusu.
  1. Memberikan benda untuk digigit
    Berikan wortel dingin atau pisang beku yang sudah dikupas untuk digigit jika si Kecil menunjukkan kebiasaan mengigit.

Jika si Kecil sudah sering mengigit maka lakukan beberapa tips di bawah ini ya, Mam.

  1. Berikan respon tidak suka pada si Kecil
    Saat si Kecil mengigit puting, bicaralah untuk melarangnya mengigit lagi, seperti menasehatinya dengan kalimat, “Jangan gigit lagi ya, Sayang”. Bicaralah terus ketika dia mengigit lagi. Dia pun akan mengerti. Selain itu, Anda juga bisa menatap si Kecil dengan sorot mata tidak suka. Niscaya si Kecil pun juga akan mengerti.
  1. Berikan pelukan dan ciuman
    Ketika si Kecil mengigit, segera peluk, dekap erat, dan ciumi dia. Lakukan hal ini hingga dia melepaskan puting.
  1. Pencet hidung
    Memencet hidung beberapa detik saat si kecil mengigit puting bisa Anda coba lakukan, Mam.
  1. Selipkan ujung jari kelingking
    Segera selipkan ujung jari kelingking di samping mulut si Kecil hingga dia melepaskan puting.
  2. Bersikap tetap tenang
    Usahakan untuk tetap tenang, jangan berteriak saat puting Anda digigit oleh si Kecil. Suara teriakan Anda akan membuat dia terkejut dan justru akan menguatkan gigitannya lagi.

Nah, cukup mudah kan Bunda, tips mengatasi kebiasaan si Kecil mengigit puting. Jika puting Anda pernah tergigit, jangan putus asa, Oke Bunda?! Usahakan untuk tetap menyusui bayi Anda karena ASI adalah satu-satunya bahan makanan kaya nutrisi yang paling baik bagi anak Anda. Semoga bermanfaat. (ibudanmama)