Ternyata Manfaat Buah dan Sayur Bisa Dibedakan Berdasarkan Warnanya

Warna merupakan salah satu faktor yang dapat memikat mata dan sedap dipandang. Hal ini juga berlaku pada buah dan sayuran yang memiliki beraneka ragam warna. Ternyata keanekaragaman warna pada sayur dan buah-buahan tersebut bisa memberikan informasi tentang kandungan gizi yang terkandung didalamnya dan manfaatnya untuk kesehatan.

Secara alami, buah dan sayur memiliki warna yang khas. Warna-warni buah ternyata menunjukkan kandungan zat yang ada di dalamnya. Banyak di antara kita yang sering membuang kulit buah saat mengkonsumsi buah, padahal sebenarnya dalam kulit itulah terdapat sejuta manfaat. Mari kita mengenal warna-warni buah dan sayur dan manfaatnya.

Merah

Buah dan sayur merah mengandung zat besi alami, vitamin A, karoten, likope dan anthocyanin. Likopen adalah senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas antioksidan. Selain itu, likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker, menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental supaya tidak mudah pikun.

Anthocyanin berguna untuk mencegah infeksi dan mencegah kanker kandung kemih.

Biasanya banyak terdapat pada buah tomat, pepaya, anggur, semangka, stroberi, jambu yang merupakan antioksidan yang melindungi membran sel dari oksidasi, menjaga elastisitas pembuluh darah sehingga darah tidak terhambat. Apel berkhasiat untukĀ  menurunkan kadar kolesterol dan efektif untuk detoksifikasi.

Sedangkan warna merah pada sayuran menandakan bahwa sayuran tersebut mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker, diantaranya terdapat pada sayur bayam merah, cabai dan paprika.

Merah Tua dan Ungu

Buah dan sayuran berwarna merah tua atau cenderung ungu umumnya mengandung anthocyanin. Yaitu sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat sayuran dan buah berwarna merah tua dan warna ungu bisa Anda dapatkan dari blueberry, plum, prem, anggur, terung, apel, kol ungu, pir merah dan cabai.

Oranye dan kuning

Warna ini menunjukkan adanya beta karoten dalam buah atau sayur. Terdapat pada buah mangga, alpukat, wortel, dan lainnya. Senyawa ini merupakan pro-vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga memiliki aktivitas antioksidan yang baik.

Buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga atau oranye kaya akan beta karoten. Selain itu, beta karoten akan diubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh. Bukan rahasia umum jika vitamin A adalah vitamin yang paling banyak dicari saat dihubungkan dengan kesehatan mata. Vitamin A menjaga kesehatan mata dengan cara melindungi retina dari cahaya yang ditransfer menjadi tanda-tanda saraf di retina.

Vitamin A juga membantu mengendalikan sistem kekebalan tubuh melalui limfosit, yakni sel darah putih yang melawan infeksi agar berfungsi lebih baik. Beberapa karotenoid juga terbukti berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan selanjutnya meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Dalam tubuh manusia beta karoten berfungsi menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel tubuh.

Buah yang berwarna kuning kaya akan vitamin C, karoten dan likopen yang merupakan antioksidan afektif. Mereka mengandung lutein yang dapat mencegah kerusakan sel dan baik untuk melindungi mata. Selain itu, kaya akan flavonoid yang dapat membantu pencegahan kanker.

Putih

Warna menunjukkan adanya kandungan allicin. Terdapat pada buah pir, bawang putih, kembang kol, dan lainnya.

Buah dan sayuran yang berwarna putih kaya akan kandungan selulosa larut air yang membantu pergerakan usus besar sehingga meringankan kerja saluran pencernaan.

Buah dan sayuran putih mengandung banyak karbohidrat sehingga menjadi pemasok utama energy dalam tubuh khususnya bagi otak dan sistem saraf pusat. Buah manggis dapat menghilangkan dan mengurangi panas dalam tubuh dan menghentikan diare.

Hijau

Hijau identik dengan adanya lutein dan zeaxhantin. Kedua komponen fitokimia ini mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan mata. Selain pada buah dan sayuran hijau, lutein dan zeaxhantin juga ditemukan pada telur.

Sayuran hijau kaya akan serat yang membantu pencernaan, selain itu mengandung berbagai macam mineral untuk menjaga kadar PH tubuh. Sayuran hijau dapat memperkuat sistem imun tubuh, menghilangkan radikal bebas, mencegah penyakit infeksi, mencegah kanker dan mencegah anemia.

Warna hijau sayuran dan buah-buahan ini sebagian besar didapatkan dari kandungan klorofil yang tersimpan di dalamnya. Klorofil bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah merah, membantu membersihkan racun dari dalam tubuh, mengurangi efek buruk dari polusi dan membantu melancarkan pencernaan.

Tidak hanya kaya akan klorofil, sayuran dan buah-buahan berwarna hijau juga diperkaya dengan magnesium, lutein dan zat besi. Magnesium berperan penting sebagai pengaktif enzim yang bekerja dalam proses metabolisme glukosa dalam tubuh.

Lutein merupakan jenis karotenoid yang mampu menjaga kesehatan mata dari risiko katarak. Sedangkan zat besi merupakan komponen pembentukan hemoglobin, metabolisme energi dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Hitam

Buah dan sayuran yang berwarna hitam kaya akan kandungan seng, kalsium, besi dan selenium yang dapat menyeimbangkan elektronit dalam tubuh. Ada pada buah blackberry dapat meningkatkan penglihatan, mencegah katarak, meningkatkan fungsi jantung dan imunitas tubuh.

Biru atau ungu

Warna biru atau ungu dalam buah-buahan menunjukkan kandungan antosianin dalam buah. Antosianin merupakan salah satu jenis antioksidan dalam buah yang penting untuk menangkal radikal bebas.

Memahami manfaat buah dan sayur dengan indikator warna akan mempermudah dalam memilih buah dan sayuran yang menjadi prioritas utama untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh. Selamat memilih beragam jenis dan buah dan sayuran sesuai manfaat, semoga semakin sehat selalu dan tetap semangat.