Ternyata Ini yang Terjadi Pada Janin Saat Perut Ibu Yang Sedang Hamil Diusap

Memang sudah kebiasaan ya bunda bagi ibu hamil untuk mengusap perut buncitnya. Biasanya apa yang dilakukan bunda untuk mengusap perut yang sedang berisi janin adalah untuk memberikan sentuhan kasih sayang, ya sentuhan dalam arti yang sebenarnya dengan menyentuh calon buah hati secara tidak langusng. Ada juga yang melakukan hal ini karena ingin merasakan perkembangan janin di dalam rahim.

Tapi ternyata, tahukah Bunda bahwa hasil penelitian yang sudah lama dilakukan menunjukkan bayi memang mampu merespon suara dan musik dari luar, dan langsung terdengar di dalam rahim yang artinya bahwa bahkan sebelum dilahirkan pun, bayi sudah bisa mendengarkan setiap kata yang kita ucapkan.

Namun sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menemukan fakta lain bahwa bayi dalam usia kandungnan masih muda pun sudah dapat merespons saat mereka masih berada di rahim ibunya.

Penelitian yang dilakukan oleh para periset di University of Dundee di Inggris, melibatkan 23 wanita yang sedang mengandung di usia minggu ke-23. Para wanita tersebut ada yang berbicara dengan bayi mereka dengan membaca sebuah cerita anak, sebagian membelai perut mereka, dan sebagian lagi tidak melakukan apapun.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa janin merespons paling banyak selama disentuh oleh ibunya. Janin yang usianya lebih tua merespons bahkan lebih banyak daripada yang lebih muda, meskipun bayi yang lebih muda menanggapi pada tahap awal kehamilan. Janin yang lebih tua juga bergerak lebih banyak saat ibu mereka menyentuh perutnya.

“Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa sentuhan yang dilakukan seorang ibu ke perut adalah stimulus yang sangat kuat, menghasilkan berbagai respons perilaku janin. Janin menunjukkan gerakan lengan, kepala, dan mulut yang lebih banyak saat ibu menyentuh perutnya dibandingkan mengajak bicara” tulis para peneliti. Hal ini juga menunjukkan jika bayi merespons saat perut ibu mereka tersentuh.

Yang unik dari temuan ini adalah bayi hanya merespons saat diusap oleh ibunya sendiir dan mereka hanya terdiam saat orang lain yang mengusap perut si ibu hamil.