Tanaman Sejuta Manfaat Ini Mampu Menyembuhkan Eksim dalam Sekejap

Orang yang tinggal di daerah kering lebih rentan untuk terkena penyakit eksim. Kulit yang mengalami kekeringan, mengelupas, dan gatal adalah keluhan umum orang yang menderita eksim.

Alergi makanan, ketidakseimbangan hormon, stres, dan iritasi adalah beberapa penyebab kenapa bisa terkena eksim. Karena kondisi ini, kulit kehilangan kemampuannya untuk memproduksi minyak dan menahan kelembapan. Hal ini menciptakan ruang antar sel yang rentan dapat disusupi oleh bakteri.

Obat yang manjur dan ampuh untuk eksim masih belum diketahui. Tetapi setidaknya dengan mencegah penyebabnya, kita pasti bisa mengurangi gejala eksim. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Nah, ada banyak cara untuk melakukan pencegahan dan mengobati eksim dengan bahan alami di sekitar kita seperti minyak kelapa, minyak pohon teh, dan lidah buaya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan mengapa lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi eksim dan bagaimana cara menggunakannya.

Apakah Lidah Buaya Ampuh Untuk Mengatasi Eksim?

Lidah Buaya mampu bertindak sebagai humektan yang menarik dan menahan air di lapisan epidermis (lapisan atas kulit). Lidah buaya juga Dapat mengurangi infeksi dan menghambat pembiakan berbagai bakteri dan ragi. Sifat anti-inflamasi Lidah Buaya mampu meredakan gatal yang meradang pada kulit. Hal ini karena lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan yang membantu untuk menyembuhkan jaringan kulit.

Bagaimana Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Eksim?

Ada banyak solusi yang tersedia untuk mengobati eksim dengan lidah buaya. Beikut kami rangkum beberapa caranya agar Anda dapat mengaplikasikannya dalam keseharian dan mencobanya secara teratur.

1) Secara Langsung

Gosokkan gel dari daun lidah buaya secara langsung pada area kulit yang terkena dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 3 kali sehari.

2) Lidah Buaya dengan Jus Buah atau Sayuran

Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke segelas jus (buah atau sayuran). Konsumsilah setiap hari.

3) Lidah Buaya dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang mampu meredakan gatal pada kulit akibat eksim. Caranya

Campurkan 1/3 cangkir lidah buaya, 1/2 cangkir minyak kelapa (padat) dan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Kocok campuran selama 5 hingga 10 menit. Kemudian, pindahkan campuran yang sudah dikocok ke dalam wadah gelas dan simpan di kulkas. Setelah dingin, oleskan campuran pada area yang terkena eksim dan biarkan sampai kulit menyerapnya sepenuhnya.

4) Lidah Buaya dengan Olive Oil

Minyak zaitun mampu menembus jauh ke dalam kulit untuk menyuburkan dan melembutkannya jaringan kulit sehingga meredakan gatal dan radang aibat eksim. Caranya cukup mudah. Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dan 1 sendok gel lidah buaya. Kemudian Oleskan campuran pada area yang terkena eksim. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.

5) Lidah Buaya dengan Kunyit

Campurkan 1 sendok gel lidah buaya dan sejumput kunyit.Kemudian Aduk rata dan oleskan di daerah yang terkena eksim. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi setiap hari