Salah Kaprah! Memotong Habis Rambut Bayi Agar Tumbuh Lebih Tebal

Benarkah mencukur habis rambut bayi (atau memotong rambutnya sangat pendek) membuat rambut akan tumbuh lebih tebal dan kuat?

Banyak yang mengatakan bahwa jika kita mencukur habis rambut, baik itu di kepala, kumis, janggut maupun rambut lainnya maka akan kembali tumbuh dengan menajdi lebih lebat. Hal ini juga dipercaya oleh banyak orangtua yang ingin memiliki bayi berrambut tebal dengan cara menggunduli kepala bayi. Apakah hal ini benar?

Ternyata tidak. Mencukur habis rambut bayi tidak berpengaruh pada seberapa tebal rambut akan tumbuh di kemudian hari. Rambut tumbuh dari bagian yang disebut folikel di bawah kulit kepala, dan apa yang bunda lakukan pada rambut di permukaan kulit bayi tidak mempengaruhi rambut yang berkembang di folikel tersebut.

Saat rambut dicukur habis dan tumbuh kembali sekaligus, mungkin terasa lebih tebal. Kenapa? Karena ujung rambut yang tumpul panjangnya akan sama. Rambut, secara individu melewati siklus rest and growth (masa istirahat dan tumbuh), itulah sebabnya mengapa rambut yang dibiarkan tumbuh secara alami panjangnya berbeda.

Nah, jadi ternyata selama ini mencukur habis rambut bayi agar tumbuh lebih tebal dua kali lipat adalah mitos belaka ya bunda.