Pengaruh Merokok Pada Masa Hamil Terhadap Janin dan Bayi

Kita semua tahu betapa bahayanya efek merokok yang dilakukan oleh ibu hamil, baik bagi kesehatan sang ibu maupun calon bayi. Terlebih untuk janin sendiri, ibu hamil yang merokok bisa membuat bayi terlahir dengan cacat fisik bahkan menyebabkan kematian.

Yuk bunda, kita simak Pengaruh merokok pada masa hamil terhadap embrio dan bayi yang baru lahir :

(1) Kemungkinan kematian pada embrio dan bayi

Kemungkinan kematian pada bayi yang baru lahir dari ibu yang merokok lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Sebab utamanya yaitu : Plasenta ibu yang merokok lebih mudah terlepas, pendarahan, air ketuban pecah sebelum waktu melahirkan , seiring dengan kadar merokok yang bertambah kemungkinan tersebut akan lebih tinggi.

(2) Berat badan pada masa hamil

Pada umumnya berat badan bayi yang dilahirkan dari ibu yang merokok akan lebih ringan 200 gram daripada yang normal. Merokok lebih banyak, berat badan bayi yang dilahirkan akan lebih ringan, sebabnya yaitu :

  • Kemampuan membawa oksigen menurun
  • Reaksi zat racun pada rokok
  • Kemampuan thyroid gland pada bayi lebih cepat tumbuh

(3) Cairan dari ASI dan menyusui

Nikotin bisa diketemukan pada wanita hamil yang merokok, sewaktu memberi asi, sering menyebabkan bayi keracunan nikotin, gelisah, mencret, detak jantung bertambah cepat

(4) Penyakit paru-paru pada bayi

Dari data yang dikumpulkan dijelaskan bayi yang lahir dari ibu perokok, pada tahun pertama kemungkinan besar terjadi infeksi tenggorokan/bronkitis, dan infeksi paru-paru ( pada usia 5 – 9 tahun ) , menurunnya fungsi paru-paru dan meningkatnya rasio kanker ( seperti kanker darah yang akut, tumor )

Intinya ibu hamil yang merokok dapat menyebabkan kelahiran premature, plasenta lebih cepat terlepas, pendarahan, air ketuban pecah sebelum waktunya dan komplikasi penyakit pada anak. Seperti berat badan yang ringan dan kemampuan mental yang lamban, penyakit pada bagian paru-paru dan tingginya kemungkinan penyakit kanker pada anak.
“ melukai diri sendiri dan melukai orang lain , seharusnya kita bersama-sama menciptakan lingkungan bebas asap rokok.”