Mitos Seputar Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Siapa tidak tau dengan minyak kelapa, banyak rumor mengatakan bahwa minyak kelapa memiliki kadungan vitamin yang cukup tinggi. Memang kandungan vitamin yang ada di kandungan minyak tersebut ada tetapi tak se banyak vitamin yang di hasilkan buah buahan dan makanan lainya. Namun ini kliru minyak kelapa dapat menyembuhkan berbagai penyakit atau memiliki khasiat yang banyak malah membawa petaka dan kliru besar ! Yuk kita baca ulasan mitos berikut ini. 

1. Berat badan turun karena mengonsumsi minyak kelapa 

minyak kelapa menurunkan berat badan

Hingga saat ini tidak ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa minyak kelapa mampu membantu menurunkan berat badan. Pemahaman ini malah kliru sehingga tersebar di dunia maya bahwa dengan mengonsumsi minyak kelapa dapat menurutkan atau menghancurkan lemak jahat yang berada di tubuh kita. mitos ini sudah beredar cukup banyak hingga orang yang mengonsumsi nya tak berdampak sekalipun bagi dirinya.

Menurut The Conservation mengatakan bahwa minyak kelapa tidak sama dengan minyak MCT (medium-chain triglycerides). MCT tersbut adalah minyak yang di gunakan laboratorium untuk keperluan orang malnutrisi karena enzim – enzim norma. Memang bisa memcahkan lemak tapi hasil nya tak sebanding dengan pola hidup sehat , dan pola makan di jaga pali utama adalah olahraga. Mengonsumsi minyak MCT tersebut memiliki efeksamping yang cukup berbahaya bagi kesehatan yaitu diare kram perut. Banyak sumber sumber internet mengatakan bahwa Minyak MCT sama kasiat nya dengan Minyak kelapa dan itu salah kaprah kedua produk ini berbeda.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

minyak kelapa menyembuhkan penyakit jantung
minyak kelapa menyembuhkan penyakit jantung

Ini malah kliru lagi jelas jelas minyak kelapa ini meningkatkan kadar kolestrol LDL. Apa itu kolestrol LDL ?  LDL ni adalah (kolestrol Jahat) yang terlalu banyak di dalam darah dapat membentuk dinding pada bagian dalam pembuluh nadi secara perlahan. Pembentukan gumpalan darah dan penyumbatan arteri dapat memicu terjadinya serangan jantung atau stroke. nah ngeri bukan, bukannya sehat malah bisa terkena jantung dan stroke. Minyak kelapa ini di katakan lebih jahat dari pada minyak jagung , wijen dan kedelai , memang lebih baik dari pada mentega. kelapa malah sebagai asupan masyarakat  tradisional untuk di jadikan sebagai sumber utama lemak ( bisa dari daging atau santan ).

3. Memutihkan Gigi

minyak kelapa memutihkan gigi
minyak kelapa memutihkan gigi
Satu ini adalah bentuk dari menyesatkan informasi dari pemahaman bahwa minyak kelapa bisa membunuh organisme berbahaya. Ada sebuah praktik berkumur minyak kelapa selama 10-30 menit sebelum dilepeh. Ini sebuah praktik Ayurveda dari India yang dipercaya bisa mengeluarkan racun di mulut. Jika kamu merasa sakit atau pusing, itu dipercaya sebagai bukti bahwa kamu mengeluarkan racun. tetapi bukti ilmiah yang mendukung praktik ini bahwa bisa menggantikan perawatan medis gigi yang layak.