Mengintip Manfaat Kunyit Asam yang Jarang Diketahui

Mengintip Manfaat Kunyit Asam yang Jarang DiketahuiAnda mungkin sudah familiar dengan beberapa manfaat kunyit asam, terlebih dengan adanya suplemen atau minuman kunyit asam yang dijual dengan bebas di swalayan maupun toko obat. Anda yang sering berkutat di dapur pasti mengenal kunyit sebagai salah satu bumbu untuk memasak nasi kuning, kari, atau opor ayam. Rasanya sedikit pahit dan menimbulkan sensasi hangat di badan. Warna kuningnya yang sering digunakan untuk memberi warna pada makanan dan kosmetik, adalah bahan kimia alami yang disebut dengan curcumin. Sama halnya dengan kunyit, asam banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Bedanya adalah jika kunyit digunakan untuk memberi warna pada masakan, asam digunakan untuk menambah rasa masakan tersebut.

Ini Dia Manfaat Kunyit Asam yang Perlu Anda Ketahui

Cara membuat kunyit asam cukup mudah. Cukup sediakan kunyit segar, asam jawa, gula jawa atau gula merah aren, air, dan garam. Pertama-tama, bersihkan kunyit dengan air bersih. Haluskan kunyit yang telah dibersihkan tersebut (bisa dengan cara diparut atau diblender) kemudian peras untuk diambil sarinya saja. Air perasan kunyit kemudian direbus dengan air, gula jawa, garam, dan asam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin. Minuman kunyit asam siap disajikan.

Kunyit asam ternyata tidak hanya populer di dunia masak-memasak. Dalam dunia kesehatan pun, kunyit asam membawa sejumlah manfaat. Inilah beberapa manfaat kunyit asam bagi tubuh kita:

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Sebenarnya kolesterol pada kadar tertentu bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain untuk membantu pembentukan hormon dan vitamin D, mengoptimalkan penyerapan lemak dan kalsium, menguatkan membran sel, dan memperlancar metabolisme tubuh. Sayangnya kolesterol tidak larut dalam darah, sehingga perlu berikatan dengan lipoprotein agar dapat diedarkan dalam pembuluh darah.

Ada dua jenis lipoprotein: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL inilah yang sering kita sebut dengan “kolesterol jahat”, karena berpotensi membentuk lapisan plak yang tebal dan keras pada dinding pembuluh darah. Lapisan plak ini akan menyumbat pembuluh darah dan mengurangi elastisitasnya. Sebuah penelitian dilakukan pada orang yang kegemukan dan dengan kadar kolesterol tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang mengkonsumsi kunyit asam dua kali sehari selama 3 bulan ternyata berkurang kadar kolesterol total, LDL, maupun trigliseridanya.

Manfaat kunyit asam selain menurunkan kolesterol juga secara tidak langsung mencegah terjadinya hipertensi, serangan jantung, dan stroke. Hal ini karena dinding pembuluh darah sudah bersih dari plak yang menempel sehingga dapat kembali elastis dan aliran darah kembali lancar. Sehingga, performa pembuluh darah untuk mengatur tekanan darah dan mencegah pembekuan darah kembali optimal.

  • Meringankan nyeri pada penderita osteoartritis

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif yang diawali dengan menipisnya bantalan sendi. Penipisan bantalan sendi memicu terbentuknya osteofit yang menyebabkan rongga di antara kedua sendi menyempit. Penyempitan rongga di antara kedua sendi akan membuat tulang-tulang saling bergesekan satu sama lain, dan jika ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan menimbulkan peradangan sendi atau osteoartritis. Umumnya osteoartritis terjadi di tangan, leher, punggung bawah, pinggul, dan lutut.

Kunyit asam mengandung zat anti peradangan kuat yang mampu melawan peradangan bahkan hingga tingkat molekuler. Karena inilah, penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat kunyit asam adalah mampu mengurangi nyeri pada penderita osteoartritis dan mampu meningkatkan fungsi dari anggota gerak yang terpengaruh.

Pruritus merupakan rasa gatal yang kadang disertai ruam, yang terjadi di seluruh atau sebagian tubuh. Selain ruam, gatal juga dapat disertai dengan benjolan kemerahan, kulit kering, pecah-pecah, atau bersisik. Penyebabnya dapat berupa iklim yang menjadikan kulit terlalu kering, gigitan serangga, hingga penyakit gangguan sistemik seperti diabetes mellitus atau gagal ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat kunyit asam apabila dikonsumsi tiga kali sehari selama 8 minggu dapat membantu mengurangi gatal pada penderita penyakit ginjal kronis.

  • Berpotensi mencegah kanker

Kanker tidak disebabkan oleh satu penyebab tunggal. Ada beragam faktor yang berkontribusi dalam memicu timbulnya kanker, salah satunya adalah radikal bebas yang dapat berupa asap rokok, polusi udara, logam berat, dan lain sebagainya. Disadari atau tidak, setiap hari kita terpapar radikal bebas tersebut dalam intensitas yang bisa jadi sama sekali tidak sedikit.

Untuk mencegah radikal bebas dalam memicu tumbuhnya sel kanker, radikal bebas tersebut harus dinetralkan dengan antioksidan. Selain menetralkan radikal bebas, antioksidan juga berperan penting untuk mencegah kerusakan sel lebih lanjut. Kunyit asam selain mengandung zat antioksidan juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh seseorang itu sendiri. Melalui dua mekanisme itulah kunyit asam menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat kunyit asam dalam mencegah kanker adalah dengan cara mencegah tumbuhnya pembuluh darah baru pada tumor, memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, serta membunuh sel kanker itu sendiri. Pada penelitian yang dilakukan pada 44 orang yang memiliki lesi di usus besarnya (yang berpotensi berkembang menjadi kanker), konsumsi 4 gram kunyit per hari selama 30 hari dapat mengurangi jumlah lesi sebanyak 40 persen.

Manfaat kunyit asam lainnya adalah disinyalir mampu memperbaiki kondisi depresi. Sebuah penelitian kecil dilakukan pada 60 orang, dimana mereka yang direkrut dalam penelitian itu dibagi menjadi 3 kelompok secara acak. Kelompok pertama mengkonsumsi Prozac (obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan psikologi, di antaranya depresi), kelompok kedua mengkonsumsi kunyit asam, dan kelompok ketiga mengkonsumsi Prozac dan kunyit asam.

Setelah enam minggu, kelompok yang mengkonsumsi kunyit asam menunjukkan perbaikan kondisi yang hampir mirip seperti kelompok yang mengkonsumsi Prozac. Kelompok yang mengkonsumsi Prozac dan kunyit asam menunjukkan perbaikan kondisi yang paling baik.

Berdasarkan penelitian kecil inilah, kunyit asam dinyatakan sebagai ramuan herbal yang efektif untuk melawan depresi. Diduga kunyit asam bekerja dengan mekanisme yang sama seperti obat antidepresi, yakni dengan meningkatkan aktivitas dan sirkulasi suatu zat kimia di otak yang disebut dengan serotonin dan dopamin.

Ada banyak manfaat kunyit asam yang telah kita ketahui bersama. Sekarang yang harus diwaspadai dalam mengkonsumsi kunyit asam adalah, apakah Anda memiliki kondisi medis lain dan/atau menjalani pengobatan medis. Konsumsi kunyit asam pada penyandang diabetes[1] harus selalu dalam kontrol yang ketat. Kunyit asam dapat menurunkan kadar gula darah. Jika Anda menyandang diabetes, dan Anda mengkonsumsi obat diabetes dan kunyit asam secara rutin dalam waktu yang bersamaan, selalu monitor kadar gula darah Anda agar kadar gula darah Anda tidak turun terlalu drastis.

Konsumsi kunyit asam juga harus dihindari pada wanita hamil karena dapat menstimulasi rahim sehingga bisa membahayakan ibu dan janin. Penderita GERD tidak disarankan mengkonsumsi kunyit asam karena gejala asam lambung dapat bertambah parah. Penderita anemia juga tidak disarankan mengkonsumsi kunyit asam, karena kunyit asam dalam jumlah yang tinggi dapat menghambat penyerapan zat besi.

Konsumsi kunyit asam juga harus memperhatikan interaksi obat, yang pada saat yang sama mungkin sedang dikonsumsi oleh pasien. Kunyit asam dapat melambatkan waktu pembekuan darah. Oleh karena itulah, konsumsi kunyit asam tidak disarankan berbarengan dengan aspirin, ibuprofen, dan obat-obatan lainnya yang dapat memperlambat pembekuan darah.

Demikian manfaat kunyit asam bagi kesehatan kita dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsinya. Selamat mencoba dan merasakan khasiatnya.