Mengenal Lima Imunisasi Dasar Lengkap (LIL) Untuk Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Okebunda, kali ini kita akan bahas masalah imunisasi, kenapa? Karena masih banyak di luar sana bunda-bunda yang masih bingung kapan harus imunisasi, imunisasi apa aja yang wajib diberikan kepada sang buah hati, dan apa sih manfaat dari imunisasi itu sendiri.

Nah.. untuk membantu bunda, di artikel ini akan saya bahas lengkap ya bun..

Yuk kita simak bersama-sama..

Pengertian imunisasi menurut Proverawati dan Andhini (2010), adalah suatu usaha memberikan kekebalan bayi dan anak terhadap penyakit. Suatu tindakan dengan sengaja memasukkan vaksin berupa mikroba hidup yang sudah dilemahkan disebut imunisasi. Dimana imunisasi dapat menimbulkan kekebalan terhadap tubuh.

Imunisasi juga bisa dikatakan suatu tindakan yang dengan sengaja memasukkan vaksin berisi mikroba hidup yang sudah dilemahkan pada balita. Imunisasi merupakan salah satu pencegahan penyakit infeksi senus yang paling efektif.

Imusisasi apa saja sih yang wajib diberikan kepada bayi? Dan kapan sih waktu pemberiannya?

Jawabannya ada di tabel bawah ini ya bun..

Tabel imunisasi dasar pada anak
Tabel imunisasi dasar pada anak

Selanjutnya.. apa sih manfaat dari imunisasi itu?

Untuk manfaatnya kita akan bahas satu persatu sesuai jenis imunisasinya ya bun..

1. Hepatitis B 0

Imunisasi Hepatitis B 0 tujuannya untuk mencegah penyakit Hepatitis B 0. imunisasi Hepatitis B 0 diberikan dua jam setelah bayi lahir.

2. BCG

Imunisasi BCG memang sangat penting, Imunisasi BCG akan diberikan oleh dokter dan bidan sebelum bayi berusia dua bulan. Tujuan imunisasi ini untuk mengurangi datangnya Tuberkolosis yang bersifat berat. Yang sebagian besar efeknya menimbulkan bekas di lengan bayi dengan timbul nanah ketika awal baru saja menjalani imunisasi ini.

3. DPT

DPT atau singkatan dari Difteri Pertusis Tetanus adalah vaksin untuk menghindari penyakit tetanus yang berasal dari kotoran – kotoran hewan. Pada mulanya setelah menjalani imunisasi ini anak akan mengalami demam ringan dan merasa tidak enak badan.

4. Polio

Imunisasi Polio memiliki dua macam yaitu imunisasi Polio secara IPV dan secara OPV. Perbadaannya terdapat di dalam vaksin dan cara memberikan vaksin. IPV akan diberikan dengan cara disuntikan pada anak, sedangkan OPV akan diberikan dengan cara ditetesi ke mulut anak. Sebagian bayi ada yang merasa terkejut dan memuntahkan kembali vaksin ini. Tenang saja, berikan lagi Polio OPV bila memang dimuntahkan. Mereka hanya belum terbiasa dengan rasa dari vaksin ini. Tetapi di Yogyakarta kebanyakan sudah memakai yang suntik ya bun..

5. Campak

Manfaat imunisasi campak pada anak yaitu untuk mencegah ataupun menghindari terjadinya penyakit campak. Meskipun campak merupakan penyakit yang terjadi satu kali seumur hidup. Namun sangatlah berbahaya jika penyakit ini jika tidak di tangani. Dimana dapat beresiko kematian. Dampak tersebut akan terjadi setelah penyakit campak mengkomplikasi lainnya. Seperti radang paru-paru, radang otak dan jenis masih banyak lagi lainnya.

Nah itu tadi pembahasan tentang imunisasi dasar lengkap pada bayi ya bun. Dan yang perlu diingat setiap akan imunisasi jangan lupa membawa buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) supaya dicatat imunisasi apa yang telah diberikan dan imunisasi apa yang harus diberikan selanjutnya ya bun..