Mengenal Berbagai Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tanaman obat tradisional mempunyai khasiat yang tidak kalah ampuh dengan obat-obatan modern, oleh karena itu kita perlu mengenal berbagai macam tanaman obat dan khasiatnya bagi kesehatan. Negara kita merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, termasuk dalam hal kekayaan tanaman obatnya. Tanaman obat adalah semua jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan baik sebagai obat luar maupun dalam. Tanaman obat di Indonesia sebagian besar sudah dikenal dari jaman nenek moyang dan diturunkan khasiatnya secara turun-temurun. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini banyak jenis tanaman obat yang diteliti kembali dan diolah menjadi produk-produk modern.

Untuk mendapatkan tanaman obat tradisional sebenarnya tidaklah sulit. Sebab pada umumnya tanaman obat tradisional ini sehari-hari banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti untuk bumbu masak, minuman segar, atau bahkan ada yang dikonsumsi sebagai sayuran atau lalapan. Tentu saja tanaman obat ini dapat diperoleh dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau di berbagai toko tanaman herbal. Anda pun dapat menanam dan membiakkan sendiri di pekarangan rumah atau yang dikenal sebagai apotik hidup. Jika Anda mempunyai tanaman obat sendiri di rumah, tentunya hal ini akan memberikan manfaat kesehatan bagi keluarga Anda dan bahkan dapat menjadi tambahan ekonomi jika dapat mengembangkannya dalam bentuk bisnis.

Berbagai Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya yang Penting untuk Anda Ketahui

Kelebihan tanaman obat tradisional dibandingkan dengan obat modern yaitu bahwa konsumsi obat yang bersumber dari tanaman tradisional pada umumnya tidak menimbulkan efek samping, lebih alami, lebih murah, dan lebih memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Beberapa contoh tanaman obat dan khasiatnya bagi kesehatan yang mudah ditemukan di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  1. Kencur

Kencur merupakan tanaman jenis rimpang yang sering digunakan sebagai bahan pembuat jamu. Kencur mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan yang terdapat di dalam kencur antara lain minyak atsiri, ethyl aster, asam metil kanil, sineol, asam cinnamic, pentadekaan, asam sinamic, paraeumarin, kamphene, borneol, asam anisic, alkaloid, gom, pati, dan mineral. Khasiat kencur antara lain dapat menyembuhkan influenza[1], radang lambung, batuk, radang tenggorokan, keseleo, lelah/pegal linu, dan melancarkan datang bulan.

  1. Jahe

Anda tentunya sudah familiar dengan jahe yang sudah sangat dikenal sebagai tanaman obat dan khasiatnya yang tentunya tidak perlu diragukan lagi. Minuman jahe sangat enak dikonsumsi karena rasanya yang menyegarkan tenggorokan dan aromanya yang yang harum. Jahe mengandung senyawa oleoresin yang bersifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Khasiat jahe antara lain dapat mengurangi lemak jahat atau kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan masuk angin, batuk, flu, radang tenggorokan, sakit kepala, dan mabuk kendaraan.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat yang tumbuh subur di dataran rendah yang termasuk jenis tanaman rimpang satu keluarga dengan tanaman jahe. Temulawak juga sering digunakan sebagai bahan pembuat jamu tradisional. Temulawak dikenal mempunyai kandungan zat antibiotik alami sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiat temulawak antara lain dapat menyembuhkan penyakit liver, maag, diare, perut kembung, pegal-pegal, dan untuk meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh.

  1. Kumis kucing

Bagi yang tidak tahu, tanaman ini mungkin dibiarkan tumbuh liar di pekarangan rumah atau di sekitar saluran air. Padahal tanaman kumis kucing mempunyai khasiat yang sangat penting bagi kesehatan dan sudah banyak diolah secara modern menjadi produk berbagai obat-obatan. Khasiat kumis kucing yang utama yaitu sebagai penghancur batu ginjal dan melancarkan air kemih. Manfaat lainnya antara lain yaitu dapat menyembuhkan kencing manis, sifilis, albuminuria, rematik, sembelit, dan masuk angin.

  1. Bawang putih

Jenis tanaman obat dan khasiatnya yang ampuh berikutnya yaitu bawang putih. Tanaman ini sehari-hari lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Ternyata bawang putih memiliki kandungan senyawa phytochemical yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Khasiat bawang putih antara lain dapat menyembuhkan penyakit flu, radang tenggorokan, hipertensi, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

  1. Sambiloto

Tanaman ini memang terkenal pahit namun tentunya mempunyai khasiat yang istimewa. Tanaman ini sebenarnya berasal dari India dan Sri Lanka, namun sudah sejak jaman dahulu tumbuh subur di Indonesia. Sambiloto mengandung senyawa utama andrographolide. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk melindungi hati dari peradangan serta dapat membunuh sel-sel kanker.

  1. Keji beling

Tanaman keji beling merupakan tanaman obat yang tumbuh liar yang seringkali juga tidak disadari akan khasiat ampuhnya. Orang Jawa sering menyebut tanaman ini dengan nama sambang geteh, sedangkan orang Sunda sering menyebutnya dengan nama remek daging. Tanaman ini mengandung berbagai senyawa antara lain asam silikat, glikosida, tanin, kalsium, kalium, natrium, dan berbagai mineral penting lainnya. Khasiat dari tanaman keji beling antara lain yaitu dapat menyembuhkan penyakit disentri, diare, batu ginjal, gatal-gatal, kencing manis, liver, maag, dan wasir[2].

  1. Daun dewa

Daun dewa merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh subur baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun dewa termasuk jenis tanaman obat dan khasiatnya yang utama yaitu sebagai antikoagulan atau mempercepat pembekuan darah. Zat yang terkandung dalam daun dewa antara lain yaitu saponin, flavanoid, minyak atsiri, dan tanin. Khasiat dari daun dewa antara lain untuk menghentikan perdarahan, membersihkan racun, menurunkan panas, mengatasi kejang, meredakan pembengkakan, mengobati muntah darah, dan mengatasi tumor.

Di samping tanaman obat dan khasiatnya yang telah disebutkan di atas tentunya masih banyak lagi jenis tanaman lainnya yang juga mempunyai khasiat obat. Tanaman obat tersebut antara lain kunyit, lengkuas, ginseng, pasak bumi, beluntas, tempuyung, mengkudu, ciplukan, meniran, seledri, lidah buaya, jarak, belimbing wuluh, brotowali, cengkeh, jeruk nipis, alang-alang, akar wangi, adas, daun pegagan, buah delima, daun andong, bunga kenop, cempaka putih, daun benalu, biji mahoni, kulit manggis, daun jinten, kemangi, dan sebagainya. Dengan kekayaan alam Indonesia yang mempunyai aneka ragam tanaman obat tersebut maka sudah selayaknya jika kita dapat memanfaatkannya untuk kesehatan.

Saat ini berbagai penelitian sedang dikembangkan oleh pemerintah guna mendorong pemanfaatan tanaman obat dan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman obat di samping dapat mengobati berbagai penyakit, beberapa diantaranya dapat berkhasiat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh serta meningkatkan stamina. Dengan manfaat yang ganda ini tentunya tanaman obat diharapkan tidak hanya untuk pengobatan saja tetapi juga menjaga kesehatan tubuh agar selalu prima dan tidak gampang sakit. Hal yang perlu dikaji lebih jauh yaitu bagaimana menentukan cara penyajian dan dosis yang tepat dari masing-masing jenis tanaman obat pada berbagai situasi dan penyakit melalui berbagai penelitian atau studi mutakhir. Dengan berbagai kajian tentang tanaman obat tradisional ini nantinya diharapkan akan menjadi solusi alternatif dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dengan biaya yang lebih terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.