Mendapatkan Obat Kurap Paling Ampuh dari Bahan Alami

Menderita penyakit kurap tentunya sangat menyiksa, oleh karena itu Anda perlu mengetahui tentang obat kurap paling ampuh yang alami berikut ini. Selain menyiksa karena menimbulkan rasa yang sangat gatal, menderita penyakit kurap pastinya membuat tidak percaya diri bagi penderitanya. Penyakit kurap tentunya akan merusak keindahan kulit Anda sehingga menimbulkan rasa malu jika terlihat oleh orang lain. Penyakit kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dermatofit. Tanda atau gejala penyakit kurap antara lain  kulit tampak seperti bersisik, timbul rasa gatal[1], perih ketika terkena air, serta penampakan yang khas berupa lesi/luka berbentuk bulat kemerahan dengan bagian pinggir berisi air berwarna bening.

Timbulnya rasa sangat gatal membuat seseorang yang terkena kurap ingin selalu menggaruknya. Padahal dengan menggaruknya akan menyebabkan bagian kurap yang berisi air akan pecah dan pecahannya tersebut akan menimbulkan lesi yang baru. Kurap merupakan salah satu penyakit yang menular. Penularan penyakit kurap dapat melalui beberapa cara, yaitu dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia, dari benda ke manusia, dan dari tanah ke manusia. Jadi Anda perlu waspada terhadap penyakit yang satu ini, sebab penularannya tidak hanya melalui kontak langsung dengan penderita yang telah terinfeksi kurap. Anda dapat terkena kurap dari menyentuh hewan yang menderita kurap atau benda serta tanah yang terkontaminasi jamur penyebab kurap.

Berbagai Pilihan Obat Kurap Paling Ampuh yang Bisa Anda Dapatkan secara Alami

Untuk mengobati penyakit kurap, dapat menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Dengan obat alami ini tentunya dapat lebih ekonomis dan tanpa menimbulkan efek samping. Walaupun ekonomis, khasiat obat alami[2] tidak kalah khasiatnya dengan obat-obatan modern. Berbagai obat kurap paling ampuh yang dapat Anda pilih antara lain sebagai berikut:

  1. Bawang putih

Bawang putih selama ini lebih dikenal sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan. Bawang putih ternyata mengandung zat antibiotik alami sehingga dapat digunakan sebagai obat kurap paling ampuh. Cara mengobati kurap dengan menggunakan bawang putih yaitu siapkan beberapa siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan pada area kulit yang menderita kurap sampai merata. Memang agak sedikit perih jadi Anda harus tahan sebentar. Diamkan tumbukan bawang putih tersebut sekitar setengah jam supaya benar-benar meresap dan bekerja untuk melawan jamur penyebab kurap. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan pengobatan dengan bawang putih ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

  1. Lengkuas

Lengkuas yang masih kawannya bawang putih sebagai bumbu dapur ini ternyata juga merupakan salah satu obat kurap paling ampuh. Cara mengobati kurap menggunakan lengkuas yaitu siapkan satu buah lengkuas kemudian ujungnya ditumbuk tetapi tidak sampai hancur, dibentuk seperti kuas. Lalu celupkan ujung lengkuas yang ditumbuk tadi pada air cuka. Oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap dan lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sangat dikenal sebagai tanaman yang mempunyai khasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Tanaman ini mengandung zat antiseptik dan antibiotik alami sehingga dapat digunakan sebagai obat kurap paling ampuh. Caranya yaitu cari 1 batang lidah buaya, potong menjadi 2 bagian lalu ambil lendir atau gelnya. Oleskan lendir atau gel lidah buaya tersebut pada bagian kulit yang terkena kurap. Tunggu beberapa saat sampai meresap dan mengering, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur 3 kali dalam sehari.

  1. Air garam

Obat kurap paling ampuh yang berikutnya yaitu dengan menggunakan air garam. Garam atau natrium mempunyai sifat membunuh bakteri atau jamur serta mempercepat penyembuhan luka. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu melarutkan garam pada air secukupnya dan gunakan air garam tersebut untuk dibasuhkan pada area yang terkena kurap atau jika kurap terdapat pada bagian tangan dan kaki dapat dilakukan dengan cara merendamnya. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Belerang

Belerang atau sulfur biasanya mudah ditemukan di pegunungan berapi. Tetapi Anda tidak usah khawatir karena saat ini sudah banyak dijual apotek atau toko obat yang biasanya dalam bentuk cair. Belerang mempunyai khasiat untuk merawat kesehatan kulit dan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit kulit termasuk kurap. Cara mengobati kurap dengan belerang sangat mudah, yaitu siapkan belerang cair secukupnya lalu oleskan pada daerah yang terkena kurap. Diamkan beberapa saat supaya mengering, setelah itu bilaslah dengan air bersih. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali dalam sehari maka penyakit kurap yang Anda derita akan segera sembuh.

  1. Pepaya mentah

Untuk mengobati penyakit kurap, Anda juga dapat menggunakan buah pepaya yang masih mentah. Anda tentunya tidak kesulitan mendapatkan buah yang satu ini. Getah pepaya mentah mengandung zat papain yang berkhasiat membunuh kuman serta menghancurkan dan membuang sel-sel kulit luar yang telah mati. Cara mengobati kurap menggunakan pepaya mentah yaitu siapkan 1 buah pepaya mentah, lalu dipotong (tidak usah dikupas). Gosokkan potongan buah pepaya mentah tersebut pada kulit yang menderita kurap secara merata. Tunggu sekitar setengah jam supaya meresap, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat digunakan sebagai salah satu obat kurap paling ampuh. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 1 rimpang kunyit, cuci sampai bersih, lalu dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Tempelkan kunyit yang telah dihaluskan tersebut pada daerah yang terkena kurap. Biarkan beberapa saat supaya meresap, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan pengobatan dengan kunyit ini secara rutin 2 kali dalam sehari untuk menyembuhkan penyakit kurap dengan cepat.

Selain mengetahui obat kurap paling ampuh dari bahan alami seperti yang telah dipaparkan di atas, hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit kurap. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan mandi minimal dua kali dalam sehari. Pada waktu mandi gunakanlah sabun anti bakteri dan bersihkan semua bagian tubuh termasuk yang jarang terlihat seperti di sela-sela jari, ketiak, atau di selangkangan. Jangan lupa juga untuk berkeramas secara rutin, sebab kurap juga sering terdapat di kulit kepala. Selain itu potong dan bersihkan kuku Anda secara teratur dan cucilah tangan Anda terutama setelah beraktifitas di luar rumah maupun setelah menyentuh hewan peliharaan.

Hal yang tak kalah penting yaitu menjaga kebersihan rumah serta barang-barang yang sering Anda gunakan. Untuk menghindari penularan dari orang lain, maka hindari menggunakan barang pribadi secara bergantian seperti pakaian, handuk, kaus kaki, topi, sikat gigi, dan sebagainya. Pada waktu keluar rumah biasakan menggunakan alas kaki apalagi jika berada di tempat-tempat yang sering digunakan oleh orang umum secara bergantian. Berhati-hatilah menyentuh hewan peliharaan maupun hewan liar terutama yang kulitnya terdapat luka. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan yang sakit kulit maka sebaiknya periksakan ke dokter hewan. Jika Anda menderita penyakit kurap yang tak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sebab pada beberapa kasus, penyakit kurap dapat menyebabkan komplikasi yang serius terutama pada orang-orang dengan gangguan imunitas atau kekebalan tubuh.