Manfaat Kacang Merah Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Tahukah Anda kacang merah merupakan sumber nutrisi yang sangat penting, kaya akan vitamin dan mineral yang luar biasa. Secara umum, penelitian membuktikan bahwa kacang merah dapat membuat penuaan lebih lambat, memperbaiki kesehatan jantung, pencegahan kanker, menurunkan kolesterol, mengurangi lingkar pinggang dan meningkatkan energi.

Kacang merah ini biasanya disajikan dalam campuran rendang, soup atau salad dan bahkan tak jarang dijadikan es. Namun, selain menjadi pelengkap makanan, kacang merah memiliki sejuta kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Mengurangi Resiko Diabetes

Dengan campuran protein dan serat tinggi, kacang merah sangat bagus untuk membantu mengontrol gula dalam darah. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa protein yang ditemukan pada kacang merah dapat menghambat α-glukosidase, yang merupakan enzim yang terlibat dalam memecah karbohidrat kompleks seperti pati dan glikogen. Dengan kata lain, kacang merah bertindak seperti penghambat alfa-glukosidase untuk mengendalikan diabetes.

2. Antioksidan

Tidak hanya rasanya yang enak, tapi kacang merah juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melawan penyakit dan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Para ilmuan telah mengidentifikasi setidaknya ada 29 senyawa berbeda yang ditemukan dalam kacang merah dan menjadikannya sebagai makanan yang kaya akan antioksidan dengan kandingan paling tinggi dari jenis kacang lainnya.

3. Membuat otot berisi

Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti kacang merah bisa membantu membuat massa otot berisi. Otot terdiri dari protein, oleh karena itu protein diperlukan untuk membangun dan memelihara otot.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Dengan konsentrasi serat makanan yang tinggi, folat, potassium, magnesium dan vitamin B, kacang merah benar-benar memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan jantung. Mengonsumsi kacang merah sebagai bagian dari gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung koroner. Serat makanan kacang merah dapat membantu mengatur kadar kolesterol, sementara potasiumnya memperlambat pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang mengurangi tekanan darah dan ketegangan pada jantung.

5. Mengontrol Porsi Makan

Menambahkan kacang merah ke dalam makanan Anda dapat membantu makan lebih sedikit dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Merasa kenyang lebih lama berarti anda akan menjaga pola makan.

Kandungan serat tinggi kacang merah adalah alasan Anda akan merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat tinggi seperti kacang juga cenderung memakan waktu lebih lama untuk makan dan kurang “padat energi,” yang berarti mereka memiliki kalori lebih sedikit untuk makanan dengan volume yang sama. Jadi, jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan saat ini, kacang merah adalah bagian dari pola makan Anda.

6. Melawan Kanker

Mampu Melawan Kanker Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Biological Macromolecules, diketahui bahwa kacang merah mampu memberikan efek antiproliferatif dan apoptosis pada sel kanker. Kemampuan kacang merah ini, ditenggarai berkat kombinasi mangan dan vitamin K didalamnya yang mampu mengurangi tingkat kerusakan oksidatif pada DNA mitokondria.

7. Penurun Berat Badan

Kacang merah memiliki kemampuan sebagai penghambat aktivitas enzim alfa-amilase yang dihasilkan oleh kelenjar saliva, intraduodenal dan intraileal. Kemampuannya ini mampu memperlambat tingkat penyerapan karbohidrat dari makanan sehingga sangat ideal dalam membantu penurunan berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kacang merah juga berdampak baik pada kesehatan pencernaan, sebab serat tak larut yang terkandung didalamnya dapat mengatur pergerakan usus dan meningkatkan rangsangan pengeluaran feses dari dalam tubuh. Serat tak larut ini juga berperan dalam membantu proses fermentasi serat makanan di usus besar dan memelihara bakteri baik di saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus besar.