Manfaat Jus Mangga untuk Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

Manfaat Jus Mangga untuk Tubuh Lebih Sehat dan BugarTidak hanya rasanya yang segar dan lezat, segudang manfaat jus mangga bagi kesehatan pun membuatnya menjadi buah favorit yang banyak diburu ketika musimnya tiba. Mangga memiliki nama ilmiah Mangifera indica, yang kira-kira mengandung arti “pohon yang berbuah mangga, yang berasal dari India”. Sebutan “mangga” berasal dari bahasa Malayalam (bahasa resmi di selatan India) maanga. Seiring dengan persebarannya yang makin meluas, nama sebutan ini pun menyesuaikan dengan bahasa tiap-tiap negara. Dalam bahasa Portugis sebutannya adalah manga, dalam bahasa Inggris sebutannya adalah mango, dan masih banyak lagi.

Mangga termasuk dalam keluarga tumbuhan berbiji dan berkayu yang mempunyai tinggi batang di atas 5 meter. Pohon mangga sendiri bisa tumbuh mencapai tinggi 10 – 40 meter dengan lebar batang yang cukup besar. Namun, pohon mangga peliharaan umumnya mempunyai tinggi hanya sekitar 4 – 10 meter karena ditanam dari cangkokan. Pohon mangga sendiri banyak ditanam di pekarangan rumah karena dapat tumbuh cepat, rimbun, dan akarnya tidak merusak tembok maupun pondasi rumah. Selain itu, dapat memanen buah dari pohon mangga sendiri tentunya sebuah kepuasan tersendiri, bukan?

Manfaat Jus Mangga yang Tidak Banyak Diketahui

Cara membuat jus mangga sangat mudah. Kupas buah mangga yang sudah matang, potong-potong bentuk dadu, lalu masukkan ke dalam gelas blender. Tambahkan potongan es batu untuk menambah kesegarannya. Proses hingga halus, sajikan selagi dingin.

Buah mangga terasa sangat lezat, sehingga banyak orang lupa bahwa buah mangga juga sangat menyehatkan. Bukannya tanpa alasan mangga sering dijuluki sebagai “rajanya buah-buahan”. Ada berbagai macam jenis buah mangga. Warna buah mangga pun bervariasi mulai dari hijau hingga merah, kuning, atau oranye. Apapun warna dan jenisnya, berikut adalah sederet manfaat jus mangga yang sebaiknya Anda ketahui:

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga terbukti mampu menurunkan resiko seorang individu terserang kanker. Senyawa antioksidan tersebut antara lain kuersetin, isokuersitrin, astragalin, fisetin, dan asam galat.

Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, selain antioksidan, kandungan betakaroten pada buah mangga juga memegang peranan penting untuk mencegah kanker prostat dan mampu memperlambat perkembangan kanker usus besar. Penelitian para ilmuwan Texas AgriLife Research bertujuan untuk menguji ekstrak polifenol buah mangga pada leukemia[1], kanker usus besar, payudara, dan paru-paru. Hasilnya, buah mangga menunjukkan hasil yang menggembirakan pada semua kasus kanker tersebut, dan dampak yang paling efektif adalah pada kanker usus besar dan payudara.

  • Menurunkan level kolesterol

Manfaat jus mangga yang kedua adalah menurunkan level kolesterol serta menjaganya agar tidak kembali meningkat. Ada tiga jenis kolesterol: trigliserida, High Density Lipoprotein (HDL) yang sering disebut dengan ‘kolesterol baik’, dan Low Density Lipoprotein (LDL) yang sering disebut dengan ‘kolesterol jahat’. Buah mangga banyak mengandung vitamin C dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam darah.

Buah mangga juga kaya akan potasium (atau dalam beberapa penyebutan juga disebut sebagai kalium) yang merupakan komponen penting bagi sel dan cairan tubuh untuk mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.

  • Menyehatkan rambut dan kulit

Buah mangga sangat baik untuk rambut dan kulit Anda karena kandungan vitamin A-nya yang sangat kaya. Vitamin A selain dibutuhkan dalam pertumbuhan sel-sel di seluruh tubuh, juga diperlukan dalam produksi sebum. Sebum merupakan lapisan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit. Ketika kulit memproduksi sebum dalam jumlah yang cukup (tidak berlebihan), kulit dan rambut akan menjadi lebih lembab sehingga tampak lembut dan bersinar.

Selain vitamin A, buah mangga juga banyak mengandung vitamin C, yang berfungsi membentuk dan menjaga jaringan kolagen, agar kulit dan rambut tidak tampak rapuh dan pecah-pecah. Segelas jus mangga tiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh per harinya.

Untuk mempercantik kulit, selain mengkonsumsi buah mangga dalam bentuk jus, Anda juga dapat mengolahnya menjadi masker. Iris buah mangga menjadi potongan-potongan yang tipis, lalu letakkan di wajah Anda selama 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air bersih, dan rasakan kulit wajah yang bersih, segar, dan bebas jerawat.

Manfaat jus mangga lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata (sesuatu yang kita semua mengira hanya wortel yang bisa melakukannya). Pada buah mangga terdapat antioksidan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari paparan ultraviolet dari sinar matahari. Juga, seperti yang telah disebutkan, mangga banyak mengandung vitamin A. Faktanya, segelas jus mangga dapat mencukupi hingga seperempat kebutuhan harian tubuh akan vitamin A. Sehingga, ya, mengkonsumsi buah mangga secara teratur akan membantu Anda menjaga daya penglihatan agar tetap prima juga mencegah rabun senja.

Anda yang sedang menjalani program diet pasti sudah merasakan manfaat jus mangga yang satu ini, yaitu menurunkan berat badan. Kandungan serat dan airnya membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya menurunkan berat badan, buah mangga juga baik untuk pencernaan. Enzim-enzim pada buah mangga dapat membantu memecah protein. Buang air besar pun menjadi lancar.

  • Baik untuk penyandang diabetes

Apabila Anda memiliki diabetes, tidak perlu ragu untuk meminum segelas jus mangga. Buah mangga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan membuat kadar gula darah Anda melonjak. Penelitian menunjukkan bahwa penyandang diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, demikian juga dengan penyandang diabetes tipe 2.

  • Membantu melawan heat stroke

Heat stroke adalah kondisi dimana suhu tubuh dapat mencapai 400C atau lebih, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ dalam lainnya. Salah satu manfaat jus mangga dalam hal ini adalah membantu ‘mendinginkan’ tubuh dan mencegah kerusakan tubuh lebih lanjut akibat panas.

Apabila Anda sedang hamil, cobalah manfaat jus mangga yang satu ini. Pada ibu hamil, sistem ketahanan tubuhnya lebih lemah dari biasanya, yang membuat ibu hamil masuk dalam kelompok yang rentan terserang infeksi. Kombinasi vitamin A, C, dan 25 jenis karotenoid dalam buah mangga akan menjaga daya tahan tubuh Anda. Selain itu, buah mangga termasuk dalam bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Dengan mengkonsumsi zat besi sesuai kebutuhan tubuh per hari, ibu hamil akan terhindar dari anemia.

Membuat jus tidak boleh asal-asalan agar nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan tetap terjaga. Jangan pisahkan sari buah dan ampasnya. Justru pada ampasnyalah banyak terdapat serat yang kita butuhkan. Hindari menambahkan gula, madu, atau susu pada jus untuk mendapatkan efek maksimal pada kesehatan. Juga, langsung habiskan jus begitu selesai dibuat. Jus yang tidak langsung diminum akan mengalami proses oksidasi, yang membuatnya kehilangan sebagian besar vitamin dan antioksidan yang dimilikinya. Demikianlah artikel mengenai manfaat jus mangga. Selamat mencoba!