Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Cara Mencegahnya

Macam-macam penyakit paru-paru adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Jenisnya sangat beragam dan penyebabnya pun sangat beragam. Penyakit paru-paru juga tercatat telah menyebabkan banyak sekali kasus kematian di seluruh dunia. Sebagai salah satu organ pada sistem pernapasan manusia yang berperan sangat penting dalam kehidupan manusia. Paru-paru sebagai salah satu organ pada sistem respirasi sekaligus berhubungan dengan sistem peredaran darah pada vertebrata ini berfungsi seagai organ yang mampu menukarkan oksigen dengan karbon dioksida yang terkandung pada darah. Oleh karena paru-paru merupakan organ tubuh yang fungsinya sangat penting, maka saat macam-macam penyakit paru-paru menyerang seseorang, kehidupan orang tersebut jelas akan sangat terganggu.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru yang Harus Diwaspadai

Jenis penyakit paru-paru jelas sangat beragam, dan hampir semua jenis penyakit paru-paru berbahaya. Dan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat seseorang terkena penyakit paru-paru jelas akan sangat merugikan kehidupannya. Nah, supaya Anda lebih bisa memahami mengenai berbagai macam penyakit paru-paru dan juga bagiamana cara menanganinya, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai macam macam penyakit paru paru dan pencegahannya.

  1. Pneumonia

Pneumonia atau penyakit radang paru-paru adalah salah satu jenis gangguan paru-paru yang cukup berbahaya. Penyakit ini berupa infeksi yang bisa timbul di berbagai tempat pada permukaan paru-paru. Bahkan pneumonia bisa meluas secara terus-menerus.

  1. Legionnaries

Macam-macam penyakit paru-paru selanjutnya adalah legionnaries, suatu penyakit paru yang diakibatkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia. Bentuk infeksi paru-paru legionnaries mirip dengan infeksi pneumonia. Bakterinya dapat berlipat ganda dengan sangat cepat dan diketahui lebih banyak menjangkit kaum laki-laki.

  1. Efusi Pleura

Efusi pleura adalah sebuah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh adanya cairan berlebih dalam membran berlapis ganda yang ada di sekeliling paru-paru. Beberapa jenis penyakit seperi infeksi pneumonia, gagal jantung dan juga beberapa jenis kanker bisa menimbulkan penimbunan cairan pada area tersebut. Bahkan jumlah cairannya bisa mencapai tiga liter.

  1. Tuberkulosis

Jenis penyakit paru yang juga sering disebut TB ini merupakan penyakit paru yang menyerang jaringan paru-paru. Pada dasarnya semua orang memiliki mikroba TB di dalam tubuhnya, namun tidak semua orang bisa diserang. Penyakit ini hanya akan menyerang siapapun yang sistem imunitasnya sedang menurun.

  1. Pneumotoraks

Tidak berbeda dengan macam-macam penyakit paru-paru yang lainnya, pneumotoraks juga menyerang pada bagian selaput paru atau yang juga disebut dengan istilah pleura. Penyakit ini memungkinkan membran pleura tertembus oleh udara yang masuk ke dalam rongga pleura dan mampu membuat paru-paru menjadi mengempis.

  1. Asma

Penyakit asma mungkin yang paling sering menjangkit kebanyakan orang. Gejalanya biasanya membuat penderita asma merasakan sesak napas dan mengi berulang kali. Diantara macam-macam penyakit paru-paru, asma merupakan salah satu gangguan paru yang paling banyak variasinya. Menurut penelitian asma bisa menyerang satu dari empat anak di beberapa wilayah.

  1. Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru-paru obstruktif kronik merupakan kelainan paru yang terjadi dalam jangka panjang. Penyakit ini mampu menyebabkan kerusakan jaringan paru secara bertahap dan dengan gejala sesak napas yang semakin lama semakin berat. PPOK meliputi bronkitis kronis dan juga emfisema, di mana keduanya biasanya terjadi secara bersamaan.

  1. Bronkitis Kronis

Bronkitis Kronis adalah salah satu penyakit paru paru akibat merokok yang sangat sering terjadi di masyarakat. Namun cukup jarang infeksi paru akut yang sampai menyebaban bronkitis kronis. Pada penyakit ini, saluran udara utama yang menuju paru-paru mengalami penyempitan dan pembengkakakan karena iritasi oleh asap tembakau. Kemudian saluran udara yang mengalami peradangan tersebut biasanya mengeluarkan dahak yang berlebihan yang biasanya bisa terjadi hingga sepanjang tahun, terutama saat waktu lembab dan dingin.

  1. Emfisema

Macam-macam penyakit paru-paru selanjutnya juga salah satu jenis PPOK yang menyebabkan rusaknya kantung udara atau alveoli di paru-paru. Akibat kerusakan tersebut adalah tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan dan akan membuat penderita sulit bernapas. Sama seperti bronkitis kronis, emfisema juga salah satu penyakit paru paru akibat merokok.

  1. Asbestosis, Silikosis dan Pneumokoniosis

Ketika jenis penyakit paru tersebut adalah jenis penyakit paru akibat pekerjaan tertentu. Biasanya penyakit ini terjadi karena adanya endapan partikel beracun yang terhirup selama berulang kali dan mengakibatkan peradangan pada jaringan paru-paru. Biasanya penyakit ini terjadi kepada para pekerja tambang.

Silikosis disebabkan oleh inhalasi partikel kristal silika bebas yang menempel pada paru-paru. Silika merupakan sejenis bahan yang biasanya digunakan untuk kegiatan konstruksi. Saat silika masih berupa benda padat, silika tidak berbahaya. Silika akan berbahaya saat sudah berbentuk butiran debu. Sedangkan asbetosis adalah penyakit paru akibat bekerja yang disebabkan oleh zat asbes yang terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Masalah ini terkadang bisa menyebabkan timbulnya kanker paru-paru.

Dan itu tadi adalah 10 macam-macam penyakit paru-paru yang tentunya sangat mengancam kesehatan siapapun yang tidak menjaga kesehatannya. Bahkan dari hal-hal yang dianggap sepele seperti merokok ataupun bekerja pun ternyata bisa menimbulkan penyakit paru-paru tertentu tanpa diduga. Oleh karena itu berhati-hatilah dan selalu jaga kesehatan paru-paru Anda dengan berbagai kegiatan positif dan sehat.

Namun demikian, ada juga beberapa langkah atau cara yang ternyata bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menghindari berbagai macam penyakit paru tersebut. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai cara sederhana untuk mencegah datangnya penyakit paru.

Cara Menghindari Terjangkitnya Berbagai Macam Penyakit Paru

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi paparan zat klorin. Zat klorin ada di berbagai tempat, mulai dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, bahkan udara yang Anda hirup. Selain itu zatklorin juga banyak terdapat di kolam renang dan juga air keran. Oleh karena itu disarankan agar Anda menggunakan filter pada keran rumah anda.

Selain itu usahakan agar Anda mengurangi makanan yang bisa memancing munculnya lendir seperti coklat atau berbagai olahan yang mengandung gula dan bahan kimia. Lendir yang muncul tersebut ternyata bisa mengurangi kapasitas lendir yang ada pada paru-paru. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dingin juga bisa menjadi salahs atu penyebab gangguan jaringan paru-paru. Dan yang terakhir adalah kurangi stres agar Anda bisa lebih menikmati hidup Anda dengan bahagia. Optimalkan juga pernapasan melalui hidung karena rongga hidung akan membantu menyaring, melembabkan dan juga menghangatkan udara yang Anda hirup sehingga udara tersebut menjadi lebih bersih.

So, begitulah penjelasan mengenai macam-macam penyakit paru-paru dan juga bagaimana cara pencegahannya. Semoga setelah ini Anda bisa lebih berhati-hati dan menghindari berbagai pemicu yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit paru. Demikian artikel kali ini dan semoga artikel ini bermanfaat.