Lamaze, Cara Mudah Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Melahirkan adalah kemampuan alami dari reproduksi wanita dan juga pengalaman yang merangsang dan menantang. Bila sebelumnya tidak ada persiapan, biasanya melahirkan adalah ketakutan, kesakitan dan perasaan tekanan.

Ibu yang ada persiapan sebelum melahirkan dan mengerti bahwa melahirkan adalah sesuatu yang alami akan dapat mengatasi masalah perasaan, perubahan dengan percaya diri.

Orang tua yang tidak ada persiapan sebelumnya akan merasa sangat takut dan tegang, dan tidak berdaya, dan suami yang disampingnya hanya dapat melihat penderitaan istri tercintanya tanpa bisa membantu.

Takut, tegang, sesak nafas, capek, dll akan mempersulit persalinan, wanita hamil yang ada persiapan akan dapat mengatasi masalah ini dan suami yang membantu dan memberi semangat akan menjadikannya sebagai pengalaman melahirkan yang berarti.

Bagaimana Cara Lamaze untuk mengurangi Sakit pada waktu Bersalin ( Prepared Childbirth Lamaze Method ) :

Melahirkan cara Lamaze adalah adalah sejenis 「Cara Menghindari dengan Mental」, pada masa mengandung bulan ke-7, diberikan petunjuk oleh suster yang berpengalaman mengenai pengetahuan umum yang berkaitan dengan kehamilan. Olahraga mengendalikan otot, badan, cara bernafas, serta latihan bersama dengan suami istri.

Pada waktu melahirkan suami istri bersama sama masuk ke ruang bersalin menunggu kelahiran bayi mereka, pada waktu rahim istri menyusut, suami bisa memberikan semangat dan membantu istri melakukan gerakan mengendorkan otot dan memperkecil rasa sakit saat menyusutnya rahim saat melahirkan.

(1) Sejarah :

Pelopor mengurangi sakit pada waktu melahirkan adalah Pavlov berkebangsaan Rusia yang mengatakan bahwa latihan dapat mengubah reaksi otak besar manusia terhadap sejenis rangsangan. Pengamat mental ini mengatakan bila dapat memindahkan rasa sakit tentu saja ibu hamil yang telah melakukan latihan ini akan melahirkan dengan lancar daripada yang belum.

Pada tahun 1952, seorang dokter kandungan di Perancis yang bernama Lamaze berkunjung ke Rusia untuk mempelajari cara tersebut, dan membawa teori dan cara ini untuk diteliti di Perancis, yang kemudian muncul metode Lamaze untuk mengurangi sakit pada waktu melahirkan. Cara ini disebarkan dari Eropa ke Amerika pada puluhan tahun yang lalu, dan dipromosikan dalam beberapa puluh tahun kemudian, cara ini telah diterima oleh semua dokter kandungan sebagai sesuatu yang berguna sebagai 「cara membius」pada waktu persalinan.

(2) Teori :

Melahirkan diakui oleh semua orang sebagai suatu penderitaan yang paling besar, setelah diamati dan diselidiki selama beberapa tahun, dapat dipaparkan 5 penyebab dibawah ini :
1.Kurangnya pengetahuan.
2.Tidak dapat mengendorkan otot tubuh.
3.Kekurangan energi pada otot Rahim.
4.Masyarakat, kebudayaan yang menyebabkan pengaruh psikologis.
5.Penyaluran saraf kepada mental

Setelah menganalisa sebab-sebab diatas, Metode Lamaze memberikan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit pada waktu melahirkan.

Kebaikan cara Lamaze untuk mengurangi sakit pada waktu melahirkan

  1. Persiapan secara psikologis, mengurangi ketegangan dan kekhawatiran bagi suami istri dalam persiapan melahirkan
  2. Melatih pengertian suami istri untuk, saling membantu dalam menghadapi bayi yang akan dilahirkan.
  3. Memperlancar tahap persalinan.

Hal yang harus diperhatikan pada waktu melakukan setiap jenis olahraga dan cara pernafasan metode Lamaze :

  1. Lakukan di ranjang papan yang datar atau di lantai.
  2. Sebelumnya harus buang air kecil terlebih dahulu dan ganti pakaian yang longgar.
  3. Pada saat perut kosong maupun 2 jam setelah makan.
  4. Mulai dari sedikit gerakan hingga menjadi banyak.
  5. Waktu latihan harus kumpulkan tenaga, pelatih akan memeriksa benar tidaknya gerakan yang dilakukan ibu hamil
  6. Pelatih dan ibu hamil harus bekerjasama dalam melakukan latihan ini supaya tercipta pengertian diantara mereka.

Cara melakukan olahraga Lamaze

Pernafasan

Dengan jenis olahraga pernafasan, pada waktu melahirkan dapat mengendorkan seluruh otot sendiri, membiarkan rahim bekerja dan tidak menghabiskan tenaga. Olahraga ini paling sedikit harus dilakukan satu kali setiap hari. Waktu satu kali latihan kira-kira 15 ~ 20 menit.

Duduk Bersila

Olahraga yang sangat ringan, yakni denan hanya kedua kaki bersilangan, duduk diatas lantai, kendorkan bagian punggung dan sedikit dibundarkan , bila ibu hamil ada kesempatan duduk diatas lantai, Usahakan dengan gaya ini, misalnya nonton TV, baca buku dan lainnya, bila merasa capek, julurkan betis dan kembali pada posisi semula.

Berikut tutorial singkatnya

Kesimpulannya, Lamaze dapat mempersiapkan mental dan fisik ibu hamil dalam menghadapi kelahiran serta pengenalan fungsi organ tubuh sendiri secar tepat, mengenai penjelasan lebih lanjut bagaimana mengatasi masalah pada waktu melahirkan, dan ini sangat penting untuk dipromosikan.