Kesalahan Fatal Yang Dilakukan Orangtua Saat Anak Demam

Ketika si kecil mulai rewel dan suhu tubuhnya mulai naik, ia pun akan mulai merasakan demam. Jika sudah begitu, banyak orangtua yang panik dan melakukan hal-hal yang justru bisa berakibat fatal pada si kecil. Biasanya, apa yang dilakukan oleh orangtua saat anaknya demam lebih karena “katanya” dan “katanya” tanpa ditelaah terlebih dahulu efeknya apa.

Nah, berikut adalah Kesalahan Fatal Yang Biasanya Dilakukan Orangtua Saat Anak Demam.

Tidak Boleh Mandi.

Ini mungkin yang paling sering dilakukan oleh orangtua ketika si kecil demam, dengan melarangnya untuk mandi. Faktanya, memandikan anak yang demam dengan air hangat bisa menajdi terapi Thremogulasi atau mengatur suhu tubuh menjadi normal kembali. Dan yang pasti, tetap penting lho bunda menjaga kebersihan tubuh si kecil, apalagi ketika sedang sakit.

Beranggapan Demam merupakan pertanda bertambahnya kemampuan anak

Fatal…benar-benar fatal! Tidak ada korelasinya anatara demam dengan meningkatnya kecerdasan anak. Yang jelas, demam merupakan pertanda ada masalah seirus yang terjadi pada tubuh anak.

Parutan bawang merah

Biasanya ini dilakukan atas saran dari orang tua yang hidup di jaman dulu. Memang, parutan abwang merah an minyak bagus untuk anak, tapi bukan untuk menurunkan suhu tubuh. Faktanya, parutan bawang merah digunakan untuk menghangatkan badan.

Gunakan pakaian tebal

Coba cek di klinik anak atau tempat pengobatan anak lainnya. Hampir semua orang tua memakaikan pakaian tebal pada anaknya yang sedang demam. Faktanya, pakaian tebal justru bisa membuat suhu tubuh semakin tinggi. Maka dari itu, gunakanlah pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Gunakan selimut tebal saat tidur

Kalau perlu, sekalian gunakan kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan. Anggapan ini sangat berbahaya karena faktanya selimut tebal ditambah kaos kaki ditambah embel2 yang lain akan mebuat panas tidak menguap keluar dan membuat anak semakin panas.

Kompres dahinya dengan air dingin

Jangan pernah mengompres anak yang sedang demam dengan air dingin. Karena faktanya, air hangatlah yang bisa membantu terjadinya evaporasi yang menyebabkan keluarnya hawa panas di dalam tubuh. Selain itu, kompres tidak selalu harus di dahi. Kompres bisa dilakukan di ketiak, selangkangan dan bagian lipatan tubuh yang lain.