Kapan Sebaiknya Bayi Menggunakan Penghangat Kepala?

Saat bayi lahir, mereka keluar dari lingkungan yang hangat dan lembab (rahim) dan bayi akan langsung merasakan kedinginan. Itulah sebabnya perawat segera menyelimuti tubuh dan menutup kepala kecil mereka dengan topi rajutan atau upluk bayi.

Tapi setelah bunda dan bayi meninggalkan rumah sakit, dia tidak perlu memakai topi penghangat setiap saat, kecuali jika musim gugur atau musim dingin atau rumah Anda sangat dingin.

“Bayi sehat tidak perlu memakai topi atau penghangat kepala begitu mereka pulang dari rumah sakit,” kata Howard Reinstein, seorang dokter anak di Encino, California, dan juru bicara American Academy of Pediatrics.

Meskipun jika bunda merasa bayi bunda terlihat menggemaskan dengan menggunakan topi, tapi bayi akan jauh lebih merasa nyaman dengan tidak menggunakannya. Jika nayi bersikap rewel atau terlihat memerah atau kepanasan saat mengenakan topi, coba lepaskan dan lihat apakah dia berhenti menangis.

Tipi atau penghangat kepala memang dibutuhkan misalkan untuk melindungi kepala bayi dari gigitan nyamuk atau udara dingin, tapi jika digunakan tidak tepat pada waktunya, maka justru akan membuat bayi tidak nyaman, kulit kepala bayi bisa kepanasan dan memerah.