Inilah Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Inilah Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di WajahBanyak wanita mencari cara alami menghilangkan flek hitam di wajah untuk mendapatkan wajah yang bebas flek hitam, mulus, dan bercahaya. Flek hitam (yang sering juga disebut dengan hiperpigmentasi) pada wajah dapat disebabkan oleh kelebihan sekresi melanin di kulit. Melanin adalah pigmen yang memegang fungsi vital dalam melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet, selain juga berperan dalam menentukan warna kulit seseorang. Beberapa faktor yang dapat memicu munculnya flek hitam di wajah antara lain paparan sinar matahari yang berlebihan, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, kurangnya asupan vitamin, kurang tidur, obat-obatan tertentu, dan stres yang terlalu berat.

Sebelum Mengetahui Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Terlebih Dulu Kenali Macam-Macam Flek Hitam

Flek hitam dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mengetahui macam-macam flek hitam akan memberi Anda petunjuk tentang bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkannya. Setidaknya ada tiga jenis flek hitam:

  • Adalah flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Sembilan puluh persen individu di atas usia 60 tahun memiliki flek hitam ini, meskipun banyak anak muda yang juga memilikinya. Flek hitam jenis ini tidak memiliki pola tertentu dan umum terdapat pada dahi, pipi, dan hidung.
  • Merupakan flek hitam yang dipicu oleh fluktuasi hormon. Flek hitam ini mungkin timbul ketika masa pubertas, hamil, atau menjelang menopause. Penggunaan pil KB, gangguan tiroid, dan terapi hormon juga dapat menyebabkan timbulnya flek hitam ini.
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi. Adalah flek hitam yang timbul menyusul adanya trauma pada kulit, seperti luka bakar, jerawat, atau paparan bahan kimia yang bersifat keras di kulit.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah untuk Wajah Lebih Bersinar

Timbulnya flek hitam pada wajah dapat menjadi suatu hal yang menyebalkan selain juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Meskipun demikian, Anda tidak perlu menyamarkan flek hitam tersebut dengan tata rias yang berat. Kebanyakan flek hitam di wajah dapat dengan mudah dihilangkan melalui berbagai perawatan seperti peeling dan bedah laser. Atau Anda juga dapat mencoba beberapa cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Cara-cara alami tersebut adalah sebagai berikut:

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam lidah buaya membuatnya menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah, terutama yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari. Ada berbagai kandungan vitamin, mineral, dan enzim di dalam lidah buaya yang membuat lidah buaya cocok diaplikasikan ke semua jenis kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil daun lidah buaya dan remas kuat untuk mendapatkan getahnya. Cuci bersih wajah Anda dan oleskan getah lidah buaya tersebut pada area dimana terdapat flek hitam. Pijat lembut untuk membantu getah lidah buaya meresap ke dalam kulit. Lakukan dua kali sehari selama dua minggu atau lebih.

Jeruk lemon[1] mengandung senyawa antioksidan yang kuat yang dapat membantu berbagai macam perawatan wajah, sehingga cocok digunakan sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah. Guling-gulingkan sebuah jeruk lemon di atas permukaan yang keras, beri sedikit tekanan dengan tangan Anda. Ini berguna untuk mempermudah keluarnya sari jeruk ketika diperas nanti. Kemudian belah jeruk lemon menjadi 2 bagian, lalu peras sarinya dan tampung dalam sebuah wadah yang bersih.

Langkah berikutnya adalah celupkan bola kapas pada tampungan sari jeruk lemon tersebut, lalu oleskan kapas di area flek hitam. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara ini tiap pagi dan malam hari selama dua minggu atau hingga flek hitam memudar.

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, sedikit encerkan sari jeruk dengan air, air mawar, atau madu. Jangan oleskan sari jeruk pada luka terbuka. Juga hindari langsung keluar di bawah sinar matahari usai mengoleskan sari jeruk pada wajah Anda, karena sari jeruk lemon dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap cahaya.

  • Bawang merah dan bawang bombay

Campuran bawang merah dan bawang bombay adalah cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang efektif. Cara pengolahannya cukup mudah. Haluskan bawang merah dan bawang bombay hingga benar-benar halus. Jika kulit Anda sensitif, encerkan campuran tersebut dengan beberapa tetes air.

Celupkan bola kapas dalam campuran tersebut, oleskan pada flek hitam yang ingin Anda hilangkan, dan biarkan mengering. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencampur bawang bombay yang sudah dihaluskan dengan sedikit madu atau getah lidah buaya. Lakukan langkah ini dua kali dalam sehari secara teratur. Dalam beberapa hari Anda akan melihat hasilnya.

Buah pepaya, khususnya yang masih berwarna hijau, banyak mengandung enzim papain. Enzim papain membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memfasilitasi sel kulit baru untuk tumbuh. Pepaya juga mengandung vitamin C dan E, sehingga buah satu ini sangat cocok menjadi cara alami menghilangkan flek hitam di wajah. Cukup gunakan seiris kecil pepaya mentah, tempelkan pada area di wajah dimana terdapat flek hitam, pertahankan selama 20 – 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Anda juga bisa membuat masker buah pepaya. Caranya adalah, potong-potong pepaya mentah, lalu blender hingga halus. Aplikasikan ke wajah dan leher Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas wajah Anda hingga bersih.

Penggunaan kentang sebagai untuk menghilangkan flek hitam di wajah cukup sederhana. Iris kentang, dan letakkan irisan tersebut pada area kulit yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa menit sebelum membasuh wajah Anda dengan air suam-suam kuku.

Atau Anda juga dapat membuat masker kentang. Caranya, kupas dan parut kentang, lalu tambahkan satu sendok teh madu. Aplikasikan pada wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air suam-suam kuku.

Mentimun terkenal memiliki kandungan kalium serta vitamin A, C, dan E yang tinggi. Mentimun, yang juga memiliki efek dingin di kulit, direkomendasikan sebagai salah satu cara alami menghilangkan flek hitam di wajah. Potong kecil-kecil satu atau dua buah mentimun segar lalu rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam. Kandungan vitamin dan mineral dalam mentimun akan berpindah ke air. Gunakan air tersebut untuk membasuh muka.

Untuk membersihkan kotoran dari pori-pori secara tuntas, olah mentimun menjadi masker dengan cara memblendernya hingga halus lalu balurkan di muka. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah kering, basuh muka dengan air suam-suam kuku.

Anda juga dapat menggunakan kapsul vitamin E untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Vitamin E mengandung senyawa antioksidan kuat yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan memperkuat sel-sel yang masih bagus. Caranya, pecahkan kapsul yang berisi minyak vitamin E dan oleskan langsung pada flek hitam. Untuk perawatan dari dalam, rajin-rajinlah mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan aprikot kering.

Apabila flek hitam Anda tidak juga hilang setelah Anda melakukan cara-cara yang telah disebutkan, konsultasikan dengan dokter kulit Anda. Dokter akan membantu mengidentifikasi flek hitam jenis apa yang Anda miliki, kemungkinan penyebab flek hitam tersebut, dan penanganan yang tepat untuk menghilangkannya.

Selain mempraktikkan cara alami menghilangkan flek hitam di wajah di atas, lindungi wajah dan kulit tubuh Anda dari paparan sinar matahari secara langsung (dapat dengan memakai topi, payung, atau sunscreen). Minum setidaknya 8 gelas air dalam sehari, serta hindari kebiasaan memencet jerawat. Selamat mempraktikkan dan miliki kulit wajah yang sehat bercahaya!