Inilah 7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bau Ketiak!

Cara menghilangkan bau ketiak tentu menjadi informasi yang dicari oleh mereka yang mengalami atau sering berada di sekitar orang yang memiliki masalah dengan bau ketiaknya. Bau ketiak atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah bromhidrosis adalah sebuah masalah bau badan tidak sedap yang disebabkan oleh perubahan komposisi keringat menjadi asam karena adanya bakteri. Jadi dalam setiap masalah bau badan yang tidak sedap terdapat 2 faktor utama yang berperan yakni keringat berlebih dan juga adanya bakteri pengubah keringat menjadi asam.

Keringat di tubuh manusia dikeluarkan oleh kelenjar keringat yang tersebar hampir di seluruh bagian tubuh dan bertujuan untuk mempertahankan suhu tubuh terutama jika tubuh kita dalam keadaan panas. Secara normal keringat manusia mengandung air dan garam yang oleh sejumlah bakteri dapat diubah menjadi asam yang berujung pada masalah bau badan. Untuk itulah dalam artikel ini kami akan memberikan sejumlah tips cara menghilangkan bau ketiak berdasarkan 2 pokok permasalahan tadi. Selamat membaca!

7 Tips Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Bisa Anda Lakukan

Cara mengatasi bau badan yang tidak sedap memang cukup beragam, mulai dari hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah hingga penanganan medis khusus bagi mereka yang memiliki latar belakang masalah kesehatan sebagai penyebab bau ketiak. Namun anda tidak perlu khawatir karena hampir seluruh kasus bau ketiak ini dapat diatasi dengan cara menghilangkan bau ketiak yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama pembahasan di bawah ini!

  1. Mandi yang teratur.

Cara menghilangkan bau ketiak yang pertama akan dibahas berhubungan dengan kebiasaan mandi anda selama ini. Berapa kali anda mandi dalam sehari? Jadwal mandi yang baik adalah sebanyak 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari, namun hal ini tentu berbeda bagi mereka yang memiliki aktivitas harian berat dan lebih banyak menimbulkan keringat. Untuk itu jika anda termasuk orang yang malas mandi dan membersihkan diri selama ini, maka sumber masalah bau badan tidak sedap anda berasal dari kebiasaan ini. Dengan mandi yang teratur setiap harinya maka anda akan membersihkan permukaan kulit dari kuman dan bakteri penyebab bau badan.

  1. Sabun antiseptik.

Selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan penggunaan sabun antiseptik atau antibakteri yang bisa anda temui di apotik atau swalayan. Penggunaan sabun antiseptik sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak ini dianjurkan mengingat timbulnya bau badan yang tidak sedap juga disebabkan oleh adanya kuman pengubah komposisi keringat pada tubuh penderitanya.

  1. Keringkan badan sehabis mandi.

Cara menghilangkan bau ketiak yang juga sering tidak diperhatikan oleh penderita masalah bau badan ini adalah bagaimana mereka mengeringkan badan sehabis mandi. Mengeringkan badan dengan benar menjadi hal yang penting, mengingat suasana lembap merupakan tempat yang sangat baik bagi perkembangan bakteri di tubuh manusia. Keringkanlah badan setiap habis mandi dengan menggunakan handuk yang bersih dan perhatikan bagian sela-sela tubuh seperti lipat paha, ketiak dan juga selangkangan.

  1. Pakaian penyerap keringat.

Cara menghilangkan bau ketiak berikutnya adalah dengan memperhatikan pakaian yang anda gunakan setiap harinya terutama jika sedang beraktivitas. Anda tentu mengetahui bagaimana kebiasaan tubuh anda setiap harinya, apakah anda tipikal orang yang mudah berkeringat atau tidak. Jika anda adalah tipe orang yang mudah berkeringat[1] saat beraktivitas, maka gunakanlah pakaian yang mampu menyerap keringat seperti pakaian-pakaian yang berbahan katun dan linen yang juga terasa dingin saat digunakan. Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan pakaian yang tidak ketat, agar terdapat aliran udara yang baik di sekitar kulit untuk menghindari keringat berlebih saat harus beraktivitas.

  1. Perhatikan makanan anda.

Selanjutnya cara menghilangkan bau ketiak yang juga cukup sederhana dan mudah dilakukan bagi orang yang memiliki masalah dengan bau badan tidak sedap adalah memperhatikan makanannya. Hubungan sebenarnya makanan-makanan ini dengan timbulnya bau ketiak atau bau badan yang tidak sedap masih berhubungan dengan timbulnya keringat berlebih saat mengkonsumsi jenis makanan ini.

Contohnya adalah alkohol dan minuman berkafein seperti kopi yang akan meningkatkan kerja kelenjar keringat seseorang sehingga dirinya menjadi lebih mudah berkeringat. Selain itu jika anda adalah tipikal orang yang mudah berkeringat, maka anda juga perlu memperhatikan makanan-makanan pedas di sekitar anda karena tentu saja makanan-makanan ini akan membuat anda berkeringat ketika menikmatinya.

  1. Gunakan deodoran.

Cara menghilangkan bau ketiak yang satu ini sudah menjadi rahasia umum bagi semua orang yakni dengan menggunakan deodoran, karena dengan wanginya bau ketiak yang timbul dapat tertutupi dan tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Selain deodoran, anda mungkin pernah mendengar istilah antiperspirant yang merupakan produk alumunium klorida yang dapat mengurangi produksi keringat oleh tubuh. Banyak produk-produk deodoran yang beredar saat ini mengkombinasikan kandungan antiperspirant ke dalam produk deodoran untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengatasi bau ketiak.

  1. Hubungi dokter.

Cara terakhir yang akan kami bagikan untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan memeriksakan diri anda ke dokter guna mencari tahu apakah ada masalah kesehatan lain yang menyebabkan anda memiliki bau badan tidak sedap. Perlu kita ketahui bersama, bahwa sejumlah penyakit seperti penyakit kelenjar tiroid[2] akan menyebabkan seseorang mengalami keringat berlebih setiap saat. Penderita kelainan ini tentu saja akan lebih rentan mengalami masalah bau badan ataupun bau ketiak dibandingkan dengan orang normal lainnya.

Selain itu menghubungi dokter juga bisa anda jadikan pilihan jika semua cara menghilangkan bau ketiak di atas sudah anda coba dan tidak memberikan hasil berarti. Hal ini diperlukan karena saat ini terdapat terapi laser dan suntikan botoks yang bisa mengatasi masalah bau ketiak ini untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan teknik laser maka kelenjar keringat akan dihancurkan sehingga produksi keringat akan ikut menurun. Berbeda dengan teknik laser dalam mengatasi masalah bau ketiak, suntikan botoks pada tempat-tempat yang mudah mengalami keringat seperti ketiak, tangan atau kaki bertujuan untuk menghalangi sinyal dari otak ke kelenjar keringat untuk memproduksi keringat.

Demikianlah 7 tips cara menghilangkan bau ketiak yang bisa anda lakukan guna mengatasi masalah bau badan tidak sedap ini. Jika faktor kebiasaan dan kebersihan merupakan dasar timbulnya masalah bau badan yang anda miliki, maka anda tidak perlu khawatir karena dengan melakukan perubahan kecil pada kebiasaan buruk anda dapat mengatasi masalah bau ketiak dengan mudah. Akan tetapi jika terdapat masalah kesehatan lainnya di balik bau badan yang tidak sedap ini, maka penanganan terhadap penyakit tersebut perlu dilakukan terlebih dahulu. Akhir kata semoga artikel mengenai 7 tips ampuh cara menghilangkan bau ketiak ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.