Daftar Makanan dan Buah Penyubur Kandungan

Daftar Makanan dan Buah Penyubur KandunganMencoba makanan maupun buah penyubur kandungan merupakan salah satu anjuran yang diberikan bagi pasangan yang belum juga dikaruniai momongan. Memiliki anak memang merupakan salah satu tujuan dari pernikahan yang ditunggu-tunggu setiap pasangan. Ada sejumlah pasangan yang sangat cepat dikaruniai buah hati, namun ada pula pasangan yang butuh waktu cukup lama untuk memiliki momongan. Melihat kondisi ini berbagai alternatif untuk mempercepat kehamilan digunakan, mulai dari metode medis seperti check-up teratur hingga konsumsi sejumlah vitamin penyubur kandungan bahkan hingga menggunakan cara-cara alternatif dilakukan untuk mendapatkan keturunan secepatnya. Saat ini banyak pasangan lebih memilih untuk menggabungkan usaha secara medis dengan alternatif seperti mengubah pola hidup sehat guna menyuburkan kandungan. Untuk itulah di dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja makanan dan buah penyubur kandungan yang bisa anda konsumsi untuk mempercepat kehamilan.

Buah Penyubur Kandungan Guna Mempercepat Kehamilan

Memiliki momongan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu setiap pasangan yang sudah menikah. Penggunaan cara alternatif berupa perubahan pola makanan ini pun menjadi salah satu pilihan walaupun masih menjadi pro dan kontra bagi para pakar kesehatan mengingat banyak wanita yang bisa hamil tanpa mengkonsumsi buah penyubur kandungan seperti di bawah ini.

1. Jeruk dan lemon

Buah penyubur kandungan pertama yang akan kita bahas adalah jeruk dan lemon. Kita semua tentu mengenal buah ini, selain sangat mudah didapat, buah jeruk dan lemon juga sangat baik bagi kesehatan. Buah yang kaya akan vitamin C ini diduga mampu membantu proses ovulasi yang merupakan tahap awal dan harus terjadi pada wanita yang ingin mendapatkan momongan secepatnya.

2. Pisang

Buah penyubur kandungan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah pisang. Tanaman yang sangat mudah dijumpai ini, ternyata memiliki kandungan Vitamin B6 yang berperan dalam melancarkan siklus menstruasi seorang wanita. Siklus menstruasi yang lancar dan normal merupakan salah satu syarat seorang wanita dapat memperoleh keturunan. Selain itu wanita dengan siklus menstruasi yang normal akan terhindar dari berbagai komplikasi selama kehamilannya.

3. Buah delima

Buah yang juga memiliki khasiat tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga bagi kesuburan adalah delima. Buah yang berasal dari negeri Iran ini memang kaya akan vitamin dan anti oksidan dan sebagai buah penyubur kandungan, delima diyakini mampu meningkatkan libido baik bagi wanita maupun pria.

4. Alpukat

Buah penyubur kandungan berikutnya yang akan kita bahas adalah alpukat. Buah ini memang dikenal kaya akan lemak baik dan juga protein serta serat yang tinggi, namun disamping itu buah alpukat ternyata juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat merupakan sebuah vitamin yang dibutuhkan oleh setiap wanita hamil guna mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Asam folat ini sangat berperan dalam pembentukan sistem saraf seorang manusia di dalam kandungan.  Kebutuhan asam folat ini harus tercukupi sejak seorang wanita belum hamil, sebab jika diberikan pada wanita hamil di atas 12 minggu maka pemberian asam folat menjadi tidak berarti lagi. Itulah mengapa buah alpukat menjadi salah satu buah yang baik guna meningkatkan kesuburan anda.

5. Stroberi

Buah penyubur kandungan terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah strawberi. Sama seperti buah alpukat di atas, buah berukuran mungil dengan warna merah segar yang khas ini juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Delapan buah strawberi memberikan 30 mikrogram asam folat yang setara dengan 7,5% kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Selain meningkatkan kesuburan, sebagai seorang wanita menyiapkan kandungan yang sempurna juga merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan sebelum anda menjalani kehamilan kelak.

Daftar Makanan Penyubur Kandungan, Percepat Kehamilan

Sama halnya dengan buah penyubur kandungan yang telah kita bahas di atas, penggunaan beberapa sumber makanan di bawah ini juga masih menjadi pro dan kontra tersendiri dalam dunia kesehatan. Keberhasilannya dalam mempercepat kehamilan mungkin belum sepenuhnya dapat dipastikan namun penggunaan makanan-makanan di bawah ini bagi kesehatan seorang calon ibu sangatlah nyata. Untuk itu mari kita simak apa saja makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan anda.

1. Telur ayam

Makanan penyubur kandungan yang pertama akan kita bahas adalah telur ayam. Telur ayam merupakan salah satu dari sekian banyak sumber protein yag sangat mudah dijumpai dan banyak variasi pengolahannya. Ternyata selain sebagai sumber protein dan lemak, telur ayam juga mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan. Dan sebagai penyubur kandungan, di dalam telur terdapat kandungan choline yang tinggi.

Choline merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap wanita yang akan hamil dan sedang hamil guna menjaga kehamilannya agar berlangsung dengan baik. Choline juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap asam folat yang sangat penting bagi kehamilan.

2. Daging-dagingan

Makanan berikutnya yang akan kita bahas kegunaannya sebagai penyubur kandungan adalah daging-dagingan. Seperti yang kita ketahui konsumsi daging-dagingan merah seperti daging sapi dan daging ayam sangat baik untuk mendapatkan zat besi. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita yang akan hamil dan juga sedang hamil.

3. Ikan

Konsumsi ikan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan seorang wanita karena kandungan asam lemak omega 3 yang dimilikinya. Omega 3 sangat tinggi kandungannya pada jenis ikan salmon dan ikan sarden. Jadi semakin banyak pilihan sumber protein yang bisa anda pilih sebagai menu makanan harian anda sehari-hari, tidak hanya sehat tetapi dapat meningkatkan kesuburan anda.

4. Susu sapi

Berikutnya adalah susu, minuman yang berasal dari hasil perahan sapi ini memang baik bagi kesehatan karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Kalsium sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil dan yang sedang mempersiapkan kehamilan. Selain mengkonsumsi susu setiap hari anda juga bisa menggantinya dengan produk-produk susu lainnya seperti keju dan juga yoghurt yang banyak dijual di pasaran.

5. Kacang-kacangan

Makanan berikut dapat anda gunakan sebagai cemilan yang tidak hanya sehat namun juga mampu meningkatkan kesuburan, karena selain mengandung protein dan juga serat kacang-kacangan ini juga mengandung omega 3 sama seperti yang anda dapatkan dalam produk ikan loh. Anda bisa mengkonsumsi produk kacang-kacangan seperti almond dan kenari sebagai menu cemilan anda.

Demikianlah artikel mengenai makanan dan buah penyubur kandungan guna mempercepat kehamilan. Penggunaan metode perubahan pola makanan seperti di atas memang belum sepenuhnya diterima oleh dunia kesehatan dan masih merupakan pro dan kontra bagi para ahli. Namun tidak ada salahnya jika anda mengganti pola makanan dengan makanan-makanan yang sehat seperti di atas, tidak hanya guna meningkatkan kesuburan tetapi juga baik bagi kesehatan anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!