Cara Mudah dan Sederhana Menghilangkan Stres

Bunda, stres tidak melulu dialami oleh orang kantoran atau wanita karir yang sehari-hari dikejar target. Stres juga bisa dilami oleh wanita yang kesehariannya beraktivitas di rumah.

Stres yang Bunda alami ternyata memiliki efek fisiologis pada tubuh lho. Secara medis, stres dapat melepaskan hormon ke dalam aliran darah Bunda yang mempercepat detak jantung dan pernapasan. Tekanan pada sistem syaraf dapat menimbulkan efek kecemasan dan membuat Bunda merasa lelah sepanjang waktu.

Stres juga bisa membuat Bunda lebih sulit untuk tidur. Kalaupun bisa, maka tidur Bunda tidak akan berkualitas karena hormon yang dilepaskan akan mengaktifkan bagian otak yang mengatur Bunda tidur dan terbangun.

Oleh akrena itu, jagan pernah menderita dalam kesendirian dan diam saja, ya Bunda. Bicaralah dengan dokter untuk mendiskusikan lagkah apa yang seharusnya dilajuakn. Kalau merasa sulit, bicaralah dengan orang terdekat dan tersayang dan biarkan mereka tahu kalau Bunda sedang megalami stres.

Selain itu , ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan sendiri untuk mengurangi stres. Apa saja?

Istirahat

“Istirahat sama pentingnya dengan olahraga, dan tidur adalah istirahat terbaik karena tidur akan menjadi kesempatan bagi tubuh kita untuk mengisi ulang energi. Tanpa tidur (yang cukup) kita akan merasa kurang produktif, memiliki tingkat energi lebih rendah dan konsentrasi yang buruk.

Cobalah untuk tidur antara tujuh sampai delapan jam, dan batasi dalam mengkonsumsi kafein serta alkohol, karena diketahui kedua zat itu bisa meningkatkan hormon stres di tubuh kita, mengganggu kualitas tidur dan kemampuan tubuh kita untuk pulih lebih cepat.

Brain Games

Menantang mental diri sendiri dapat menimbulkan efek mengejutkan yang sangat positif, mendorong pertumbuhan sel baru dan menjaga pikiran kita tetap sehat. Merangsang otak dengan aktivitas seperti bermain teka-teki silang atau brain games lainnya, atau belajar keterampilan baru, bisa membantu meningkatkan kebugaran mental.

Bermeditasi

Stres dan kecemasan sering kali disebabkan oleh terlalu memusatkan perhatian pada kejadian masa lalu, atau mengkhawatirkan masa depan – yang keduanya berada di luar kendali kita. Dengan menggunakan teknik seperti meditasi, pernapasan dan yoga, dapat membantu mengelola emosi kita dengan cara yang lebih efisien dan kembali merasakan hal yang positif.

Paling gampang dan sederhana adalah pergilah ke perpusatakaan setempat untuk membaca buku apa saja, yang terpenting Bunda bisa merasakan tempat yang penuh degngan rasa ketenangan.

Luangkan Waktu

Ketika kita menyediakan waktu untuk diri kita sendiri dan melakukan hal-hal yang kita sukai, akan membuat lebih produktif di semua bidang kehidupan kita. Penting untuk sekali-kali menghindar dari rutinitas sehari-hari yang penat.Olahraga teratur akan menghancurkan hormon stres dan mendorong pelepasan hormon peningkat mood, membantu mengurangi ketegangan dan menenangkan saraf Bunda.