Cara Mengatasi Insomnia Saat Sedang Hamil

Bunda, pastinya pernah megalami ya ketika sedang hamil tuh bunda mengalami insomnia atau sulit tidur karena tidak baerbagai macam alasan. Kondisi tubuh yang tidak nyaman karena panas, posisi tidur hanya bisa telentang dan miring, bolak-balik ke kamar mandi, mengalami kram kaki, dan perasaan yang campur aduk antara senang dan cemas menanti kedatangan si buah hati.

Dengan begitu banyak perubahan fisik dan emosional yang terjadi, tidak mengherankan jika 8 dari 10 wanita hamil ternyata memiliki insomnia dan masalah tidur lainnya selama masa kehamilan. Apalagi jika bunda adalah seorang wanita karir, betapa tersiksanya susah tidur karena besok paginya tetap harus bangun awal, bukan?

Lalu, apa yang bisa bunda lakukan agar terhindar dari insomnia dan bisa tidur nyenyak? berikut adalah tips wanita hamil agar bisa tidur dengan pulas.

Lakukan hal-lah yang bisa menenangkan pikiran sebelum tidur. Banyak cara sederhana untuk bisa membuat bunda merasa tenang sebelum tidur. Mandi hangat, minum secangkir teh hangat, mendengarkan musik klasik atau berirama tenang bisa anda lakukan sendiri. Selain itu, mintalah suami untuk memijit kaki Bunda ya atau apa pun yang membantu bunda bisa rileks.

Begitu bunda di tempat tidur, relaksasi otot dapat membantu bunda untuk lebih cepat memejamkan mata. Jangan lupa pastikan suhu kamar, terutama yang menggunakan AC, diseting sedimikian agar nyaman untuk tidur, jangan terlalu dingin dan jangan juga terlalu kencang kipasnya. Selain itu, intensitas cahaya juga sangat mempengaruhi lho bunda. Jangan biasakan tidur dalam kegelapan, minimala da sedikit cahaya yang menerangi ruagan, tapi tidak terlalu terang juga ya bunda.

Jika Bunda tetap tidak bisa tidur 20 sampai 30 menit setelah mencobanya, lakukan hal lain yang bermanfaat tapi menanangkan. Coba bunda keluar dari kamar, misal ke ruangan kelaurga atau ke ruang tamu kemudian bacalah majalah atau buku atau dengarkan musik sampai bunda benar-benar merasa mengantuk, lalu kembali coba tidur.

Jika masih belum bisa tidur dengan cepat, bunda usahakan jangan khawatir ya. Semakin bunda cemas semakin buna dakan sulit untuk tidur dengan cepat.

Nah, berikut adalah video bagaimana agar Bunda bisa tidur dengan nyaman dan segera

Sekedar informasi saja bunda, bahwa insomnia bisa membuat frustrasi siapapun yang mengalaminya, tapi jika terjadi pada wanita hamil, hal ini adalah normal. Tapi jangan lupa, jika bunda memiliki gangguan tidur yang serius, berkonsultasilah dengan dokter. oke bunda?