Cara Alami Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dalam Sehari

Radang Tenggorokan adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus pyogenes. Anak-anak lebih rentan terhadap bakteri ini, namun orang dewasa juga dapat megalami hal yang sama dengan intensitas yang cukup sering, terutama saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Hal ini paling sering dirasakan melalui radang tenggorokan disertai rasa sakit, terutama saat menelan makanan.

Dokter biasanya menganjurkan mnggunakan antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan, tapi antibiotik tak melulu berdampak bagus karena karena selain membasmi baktiri jahat, juga membunuh bakteri baik disaat yang bersamaan.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan ternyata dapat dilakukan dengan mudah oleh sendiri dan menggunakan bahan alami. Pengobatannya pun terbilang sangat sederhana, namun efektif dan akan membantu meredakan radang tenggorokan.

1. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang sangat kuat. Itulah mengapa madu sangat membantu ketika harus menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan, juga melawan infeksi. Dengan demikian, mengonsumsi madu akan meringankan gejala dan melawan bakteri jahat seketika. Untuk lebih manjur, gunakanlah amdu hutan alami, jangan konsumsi madu campuran.

2. Lemon

Lemon juga memiliki sifat antibakteri karena merupakan buah yang sangat kaya akan Vitamin C. Lemon akan secara efektif menyingkirkan bakteri dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan. Jika Anda tidak bisa makan lemon mentah, alternatifnya adalah campurkan lemon dengan teh hangat ditambah madu.

3. Minyak esensial

Minyak atsiri atau minyak esensialdipercaya memiliki keajaiban bagi kesehatan kita, dan tidak terkecuali untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa memilih berbagai macam minyak esensial seperti serai, thyme, lemon, cinnamon, grapefruit atau lavender.

Anda bisa menggunakan minyak ini untuk membuat obat sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil air dan mencampurnya dengan lima tetes minyak esensial pilihan Anda. Panaskan campuran ini dalam panci dan hirup uap selama 10-15 menit. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sehari sampai Anda merasa lega.

4. Cuka sari apel

Ketika radang tenggoroakn sudah sampai skala infeksi, cuka sari apel bisa digunakan untuk meredakannya. Ini adalah salah satu pengobatan yang paling efektif dan paling umum digunakan untuk melawan infeksi apda tenggorokan, karena sangat murah, alami dan efektif. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan 3 sdm cuka sari apel ke dalam air. Kemudian Anda tinggal meminumnya dan dalam beberapa waktu tenggorokan akan terasa normal, asalakan dikonsumsi dengan rutin.

5. Cabe rawit

Cabe rawit juga terbukti efektif untuk melawan radang tenggorokan. Cukup kombinasikan setengah cangkir minyak kelapa dengan satu sendok teh bubuk cabai rawit. Oleskan campuran di area tenggorokan. Ini akan menghilangkan gejala radang dan melawan infeksi.

Lain kali jika Anda berurusan dengan radang tenggorokan, cobalah obat-obatan buatan tangan sendiri yang menakjubkan ini dan bukan langsung mengkonsumsi antibiotik. Menggunakan bahan alami tidak akan merusak sistem kekebalan tubuh Anda seperti antibiotik.