Cara Alami Menyembuhkan Kutu Air

Kutu air merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, maka dari itu disebut juga “tinea pedis” atau kaki atlet. Infeksi ini bersifat menular dan dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas, atau nyeri pada kaki.

Jika seseorang yang sudah memiliki kutu air berjalan di lantai tanpa alas kaki, maka orang lain juga dapat terinfeksi dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai yang terkontaminasi. Demikian pula apabila menggunakan kaus kaki, sepatu, handuk, atau sprei yang ia gunakan. Karena itu bila kutu air kambuh terus, mungkin harus dicek kebersihan lantai atau alas kaki yang digunakan.

Selain menjaga kebersihan, boleh juga gunakan 4 bahan dapur ini untuk mempercepat penyembuhan kutu air! Yuk disimak!

1. Cuka dan merica

Pertama bersihkan tangan dan kaki. Siapkan air bersih 1 baskom, masukkan cuka putih dan Andaliman (merica batak) secukupnya, rendam kaki selama 30 menit, sehari sekali. Kira-kira setelah 3 kali akan segera sembuh. Cuka yang sifatnya asam dan merica yang sifatnya tajam sangat efektif dalam membunuh kuman, bakteri maupun jamur!

2. Pasta gigi

Oleskan pasta gigi ke telapak dan jari kaki, paling bagus yang ada kandungan teh hijaunya. Gak hanya kutu air bisa sembuh tapi juga efektif menghilangkan gatal-gatal.

3. Daun teh

Rendam kaki dalam air yang direbus dengan daun teh. Diantara semuanya, teh hijau efeknya paling baik. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam di dalam air, efeknya akan lebih baik.

4. Minyak angin

Bila kaki Anda terasa gatal tak tertahankan, Anda bisa mengoles minyak angin di daerah yang gatal. Cuci kaki sampai bersih lalu oleskan minyak angin sehari 2-3 kali, tak lama kemudian bisa sembuh.