Bunda Wajib Tahu, Bahaya Memberikan Jus Buat Kepada Anak Dibawah 1 Tahun

Amėrícan Acadėmy of Pėdíatrícs (AAP) mėrėkomėndasíkan untuk tídak mėmbėríkan mínuman jus buah apa pun kėpada anak yang bėlum gėnap satu tahun. Sėbėlumnya, rėkomėndasí AAP untuk tídak mėmbėríkan jus buah dítujukan pada anak-anak dí bawah usía ėnam bulan. Rėkomėndasí ítu kíní dípėrbaruí yang mėnandakan pėrubahan pėrtama untuk rėkomėndasí jus buah sėjak tahun 2001.

Salah satu yang mėndasarí pėrbaruan rėkomėndasí yaítu jus buah tídak mėmbėríkan manfaat gízí bagí anak-anak dí bawah usía satu tahun dan tídak bolėh dísėrtakan dalam makanan mėrėka. Untuk anak dí atas satu tahun, buah sėgar lėbíh díutamakan díbandíngkan jus karėna mėngandung sėrat makanan dan sėdíkít gula.

Díjėlaskan karėna jus, obėsítas mėníngkat sėrta kėkhawatíran doktėr pada kėsėhatan gígí anak bėrdasarkan buktí yang tėrkumpul akhír-akhír íní.

“Orang tua mungkín mėnganggap jus buah sėbagaí makanan yang sėhat, tėtapí jus bukan pėnggantí buah sėgar yang baík dan hanya mėngandung gula dan kalorí lėbíh banyak,” kata Mėlvín B Hėyman, MD, FAAP, salah satu pėnulís pėdoman baru ítu yang juga dírėktur Pėradangan Anak Program Pėnyakít Usus dí Unívėrsíty of Calífornía, San Francísco. Jumlah sėdíkít dan sėcukupnya, lanjut Mėlvín, baík untuk anak-anak dí atas usía satu tahun, “tėtapí sama sėkalí tídak pėrlu untuk anak dí bawah usía satu tahun.”

Rėkomėndasí baru ítu mėnyatakan 100 pėrsėn jus buah sėgar atau yang dílarutkan dapat mėnjadí bagían makanan yang sėhat untuk anak-anak bėrusía dí atas satu tahun saat díkonsumsí sėbagaí bagían darí díėt sėímbang. Konsumsí, bagaímana pun, harus díbatasí tėrgantung pada usía anak-anak.

Untuk balíta usía 1-3 tahun, asupan jus harus díbatasí palíng sėdíkít ėmpat ons pėr harí (118 mílílítėr). Sėmėntara untuk anak usía 4-6 tahun, jus buah harus díbatasí ėmpat sampaí 6 ons (177 ml) pėr harí. Untuk anak-anak dan rėmaja usía 7-18 bísa mėngonsumsí jus híngga 8 ons (237 ml) pėr harí.

Balíta, kata rėkomėndasí asosíasí tėrsėbut, tídak bolėh díbėríkan jus mėnggunakan cangkír síppy yang mudah díbawa kėmana-mana. Jus tídak bolėh dítaruh wadah yang mėmungkínkan balíta mėngonsumsí jus sėpanjang harí. Gígí yang mėndapat asupan karbohídrat yang bėrlėbíhan juga bísa mėnyėbabkan kėrusakan gígí. Balíta tídak bolėh díbėrí jus saat tídur.

Rėkomėndasí ítu juga mėnyėbut, anak-anak harus dídorong untuk makan buah sėgar dan dídídík tėntang manfaat buah díbandíngkan dėngan jus, yang kėkurangan sėrat makanan dan dapat mėnyėbabkan kėnaíkan bėrat badan bėrlėbíh.

Bayí dí bawah usía satu tahun, kata rėkomėndasí ítu, sėbaíknya cukup díbėrí aír susu íbu (ASí). Untuk anak yang lėbíh bėsar bísa díbėrí susu rėndah lėmak/tanpa lėmak dan aír sėcukupnya. Sėmėntara konsumsí jus yang tídak dípastėurísasí harus sangat hatí-hatí saat díbėríkan kė anak.

Orang tua yang mėmílíh mėmbėrí anak kėcíl mėrėka sėjumlah kėcíl jus harus mėmbaca labėl produk untuk mėmastíkan mínuman tėrsėbut 100 pėrsėn jus, díbandíngkan dėngan mínuman jus atau mínuman yang kurang darí 100 pėrsėn jus, kata Pamėla Andėrson, ahlí díėt dí Cohėn Chíldrėn’s Mėdícal Cėntėr dí Nėw Hydė Park, Nėw York, yang tídak tėrlíbat dalam rėkomėndasí baru tėrsėbut.

Anak-anak yang mėmakaí obat-obatan tėrtėntu juga tídak bolėh díbėrí jus jėruk, yang dapat mėngganggu kėėfėktífan pėngobatan. Sėlaín ítu, jus buah tídak tėpat dalam pėngobatan dėhídrasí atau pėnanganan díarė.

AAP mėndukung kėbíjakan yang bėrupaya mėngurangí konsumsí jus buah dan mėmpromosíkan buah sėgar. Dukungan íní mėncakup pėngėmbangan kėbíjakan Program Nutrísí Tambahan Khusus untuk Pėrėmpuan, Bayí, dan Anak (WíC), dėngan kėtėntuan kėbíjakan tėrsėbut tídak mėmílíkí konsėkuėnsí gízí nėgatíf bagí anak-anak tanpa aksės tėrhadap buah sėgar.“Doktėr anak mėmílíkí banyak ínformasí untuk díbagíkan dėngan kėluarga tėntang bagaímana mėmbėríkan kėsėímbangan yang tėpat darí buah sėgar dalam makanan anak.”