Berbagai Obat Tenggorokan Gatal dari Bahan Alami

Obat tenggorokan gatal alami ternyata cukup banyak jenisnya dan mudah ditemukan di sekeliling kita. Tenggorokan gatal merupakan sebuah gejala yang timbul tidak hanya dari satu penyakit melainkan bisa disebabkan oleh bermacam-macam penyakit yang menyerang organ tenggorokan anda. Rasa gatal di tenggorokan sering kali disertai dengan batuk baik yang disertai dahak maupun batuk kering, yang keduanya akan sangat mengganggu penderitanya. Rasa gatal di tenggorokan ini disebabkan oleh serangkaian proses iritasi baik karena radang ataupun polusi bahkan karena sensitasi dari beberapa jenis alergen pada tenggorokan kita. Dinding dalam tenggorokan kita dilapisi oleh membran mukosa, sebuah lapisan yang memiliki ujung saraf dan dapat teriritasi jika terkena rangsangan seperti di atas. Untuk itu mari kita simak apa saja bahan alami obat tenggorokan gatal tersebut dan juga apa saja penyebab gatal teggorokan.

Daftar Obat Tenggorokan Gatal Alami dan Ampuh

Berbagai pengetahuan mengenai obat tenggorokan gatal alami sudah sering kita dengar terutama dari orang tua yang sejak dahulu mengutamakan bahan herbal untuk berbagai penyakit[1]. Penyakit tenggorokan gatal dan juga batuk memang merupakan bagian dalam kelompok penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) yang sering ditemui pada segala usia. Untuk itu anda perlu menyimak beberapa bahan di bawah ini guna mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

  • Berkumur dengan air hangat.

Obat tenggorokan gatal alami pertama yang akan kita bahas adalah berkumur dengan air hangat. Saat anda berkumur dengan air hangat ini, sangat dianjurkan menambahkan garam ke dalamnya. Hal ini diduga karena efek antiseptik yang diberikan oleh garam dalam air yang anda gunakan saat berkumur. Tambahkanlah 4 sendok makan garam ke dalam 3 gelas air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Anda dapat mengulang berkumur dengan air hangat dicampur garam ini sebanyak 5 hingga 6 kali sehari bahkan lebih jika merasa tenggorokan anda masih gatal.

Obat tenggorokan gatal alami berikut ini merupakan salah satu yang sudah banyak kita dengar khasiatnya. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine ditemukan bahwa madu memiliki efek untuk meredakan gatal di tenggorokan karena dapat menenangkan lapisan mukosa tenggorokan yang meradang.

Selain itu ditemukan sejumlah enzim yang dimiliki oleh madu dapat berefek antiseptik terhadap bakteri dan madu juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh penderita radang tenggorokan tersebut. Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok madu 3 kali sehari atau mencampurkan madu ke dalam minuman hangat seperti air hangat atau teh hangat lalu mengkonsumsinya. Perlu diperhatikan bahwa pemberian madu sangat dihindari pada anak di bawah usia 1 tahun.

Obat tenggorokan gatal alami berikutnya yang akan kita bahas adalah jahe. Jahe merupakan bahan herbal alami yang penggunaannya sangat familiar di negara kita.  Jahe dapat memberikan rasa hangat di tenggorokan[2] yang sedang meradang dan pada akhirnya akan mengurangi rasa gatal yang mengganggu.

Pembuatan ramuan jahe ini juga tidak begitu sulit, anda bisa menyiapkan 3 buah jahe ukuran sedang yang sudah dicuci dan dipotong-potong. Masukkan jahe tersebut ke dalam 4 gelas air lalu direbus sampai tersisa setengah cairan saja. Anda dapat mengkonsumsi minuman ini selagi hangat 2 kali sehari dan untuk menambah rasa bisa anda tambahkan madu atau daun peppermint ke dalamnya.

  • Konsumsi minuman dan makanan hangat

Selanjutnya kita akan membahas mengenai obat tenggorokan gatal yang sangat mudah dilakukan di rumah. Saat tenggorokan anda mengalami iritasi dan meradang karena berbagai penyebab anda akan lebih nyaman dan lega jika mengkonsumsi makanan ataupun minuman hangat. Hal ini tidak lain untuk mengurangi rasa kering di tenggorokan yang sering menjadi penyebab gatal tenggorokan itu sendiri.

Anda bisa mengganti menu makanan yang digoreng atau minuman yang dingin dengan mengkonsumsi sup sayuran atau sup ayam yang hangat. Selain itu konsumsi air hangat ataupun teh hangat akan sangat membantu anda untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Lalu, Apa Saja Penyebab Tenggorokan Gatal yang Sering Dikeluhkan?

Setelah tadi kita membahas sejumlah obat tenggorokan gatal alami yang dapat kita temui di sekitar kita, sekarang kita juga akan membahas mengenai berbagai faktor penyebab tenggorokan gatal itu sendiri. Penyebab dari suatu penyakit selalu penting untuk dibahas karena merupakan dasar dari terapi yang akan diberikan. Sama halnya dengan penyakit-penyakit yang mendasari tenggorokan gatal ini, kita dapat dengan bijak menentukan langkah terapi selanjutnya.

  1. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Penyebab tenggorokan gatal yang pertama dan paling sering dikeluhkan adalah ISPA atau infeksi pada saluran nafas termasuk tenggorokan. Infeksi yang timbul ini juga disebabkan oleh mikroorganisme yang bermacam-macam. Paling sering kasus-kasus ISPA ini disebabkan oleh infeksi virus. Penderita ISPA yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya mengalami demam cukup tinggi disertai meriang di seluruh badan namun akan membaik dengan sendirinya jika daya tahan tubuh penderitanya baik.

Berbeda dengan infeksi virus, jenis infeksi tersering kedua disebabkan oleh bakteri dimana penderitanya bisa saja mengeluhkan tidak hanya gatal tenggorokan melainkan juga rasa nyeri saat menelan. Selain itu penderita ISPA karena infeksi bakteri sering kali disertai batuk dan sebagian besar akan mengeluhkan terdapat perubahan dahak menjadi kuning kehijauan.

  1. Alergi

Penyebab tenggorokan gatal yang juga cukup sering dikeluhkan adalah alergi, penderita alergi biasanya akan mengalami tenggorokan gatal dan hidung tersumbat ketika terpapar alergen (zat pencetus alergi) khusus. Reaksi ini bisa bermacam-macam tergantung besarnya paparan dan respon tubuh penderitanya terhadap alergen tersebut. Biasanya penderita gatal tenggorokan yang disebabkan oleh alergi akan mengeluhkan gatal tenggorokan yang berlangsung cukup lama dengan disertai gejala lain seperti gatal-gatal, hidung meler, sesak nafas dan lain-lain.

  1. Iritasi

Selanjutnya penyebab tenggorokan gatal yang akan kita bahas adalah iritasi dari luar, biasanya iritasi ini timbul dari polusi udara, bahan kimia yang terhirup dan juga dari asap rokok. Bahan-bahan yang sudah kita sebutkan di atas dapat menyebabkan iritasi langsung pada lapisan mukosa tenggorokan, menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan gatal.

Demikianlah artikel mengenai obat tenggorokan gatal alami yang bisa kita jumpai di sekitar kita dan juga beberapa penyebab tenggorokan gatal yang bisa kita temui sehari-hari. Sejumlah kasus tenggorokan gatal yang disebabkan terutama oleh infeksi mungkin tidak dapat berkurang dengan pemberian obat-obat alami di atas, maka anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapat pengobatan lain untuk mengurangi infeksi yang terjadi. Selain itu jika anda adalah seorang perokok, maka kebiasaan ini harus dihentikan karena akan menyebabkan radang tenggorokan yang kronis dan tak kunjung sembuh. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!