ASI Setelah 2 Tahun Kualitasnya Jelek, Mitos atau Fakta?

Bunda, kapan baisanya anak kita disapih dari pemberian ASI? Setelah umur si kecil 2 tahun? umumnya sih seperti
itu. Tapi kenapa harus 2 tahun?

“Kalau sudah 2 tahun harus disapih, soalnya ASI-nya sudah jelek dan bisa bikin anak jadi bodoh.” Banyak juga yang bilang, udah 2 taun belum disapih ? Nanti gak gemuk anaknya bla blaa..blaaa..

Eh.. Masa iya sih, ASI bisa turun tingkatan begitu, dari kualitas susu terbaik, tiba-tiba bisa bikin anak bodoh? hemmm…mitos atau fakta ya?

Yuk mari, simak penjelasan dari pakarnya .

Konselor Laktasi dan Ketua AIMI Jawa Barat, Andriana Chaizir, menjelaskan sesungguhnya tidak ada batasan pasti kapan harus berhenti menyusui anak kita, kecuali menunggu anak benar-benar siap. Karena, bila anak bisa menyapih dirinya sendiri tanpa dipaksa (menyapih dengan cinta), justru merupakan tahapan perkembangan anak, dan malah menjadikan anak lebih percaya diri.

Mengenai kualitas ASI setelah 2 tahun, justru ASI di umur anak 2 tahun atau lebih malah lebih banyak mengandung zat antiinfeksi, dan ASI-nya sendiri dapat memenuhi sampai 30% kebutuhan kalori hariannya.

Sementara itu, dr Utami Roesli, SpA, menerangkan bahwa usia 2 tahun dari 500 cc ASI ibunya itu masih memenuhi kebutuhan energi sebanyak 31 persen. Selain itu, sebanyak 38% kebutuhan protein pun masih dipenuhi ASI ibunya dari anak berusia dua tahun serta terpenuhinya 45 persen kebutuhan vitamin A. Bahkan, hampir kebutuhan vitamin C anak dua tahun masih bisa dipenuhi sebanyak 95 persen dari 500 cc ASI.

Dikutip dari Artikel AIMI The American Academy of Family Physicians, Anak yang disapih sebelum umur 2 tahun malah berisiko lebih besar untuk terkena penyakit. Sementara anak yang menyusu diantara umur 16-30 bulan lebih jarang sakit dan jikalau terkena penyakit, durasi sakitnya pun lebih pendek. Hal ini diakrenakan zat Antibodi banyak terdapat di dalam ASI pada saat menyusu. Faktanya faktor imunitas meningkat pada tahun kedua dan pada saat menyapih.

Tuh kan bunda, jadi untuk persepsi ASI steleha 2 tahun kualitasnya jadi jelek adalah mitis dan tanpa didukung data yang pasti. Yang ada malah anak lebih sehat karena lebih banyak mendapat Zat Antibodi dari ASI.

Yuk Bunda, jangan jadikan tuntutan lingkungan dan sosial menjadikan anak dipaksa berhenti menyusui yah. Jangan sampai beranggapan kalau menyusui anak diatas 2 tahun dianggap hal memalukan.  Jadi, stop merasa terbebani untuk harus cut-off menyusui saat anak usia 2 tahun. OkeBunda?!