8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol Buruk

Teh Hijau

Karena kolesterin pada dasarnya dibutuhkan tubuh, yang penting adalah mengurangi kolesterin buruk LDL, tanpa mengurangi kolesterin baik HDL. Untuk proses ini teh hijau terbukti membantu, demikian hasil riset yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

Minum teh hijau disaat yang tepat 3 sampai 6 cangkir tanpa gula perhari membantu meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak kalori,meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak juga menghambat perkembangan sel lemak dan mengurangi nafsu makan(lihat box kapan waktu yang tepat minum teh hijau).

Waktu Yang Tepat Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan herbal yang sangat kuat. Jika dikonsumsi sembarangan, Anda bisa mengalami nyeri lambung, mual dan insomnia. Waktu terbaik minum teh hijau adalah diantara waktu makan dan setidaknya 1 jam setelah makan.
Hindari minum teh saat perut kosong di pagi hari, mengapa? Hal ini karena teh hijau mengandung katekin dan kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan ganguan pencernaan.

Teh hijau juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat makan karena dapat menganggu penyerapan protein, lemak dan zat besi. Jika Anda sensitif terhadap kafein dan rentan mengalami insomnia, hindari minum teh hijau pada sore hari dan malam hari.

Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan. Selain membuat rasa makanan jadi lezat, bawang putih membantu menuruntkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penggumpalan darah, mengurangi tekanan darah tinggi dan memperkuat tubuh terhadap serangan infeksi. Untuk itu dianjurkan makan 2-4 siung bawang segar tiap hari.

Alpukat

Buah ini bisa dimakan dalam bentuk apa saja. Es alpukat, pelengkap sajian ikan, omelet atau salad. Menurut studi Universitas Pennsylvania pada sejumlah penderita obesitas, mereka yang berdiet lemak secara moderat tapi makan alpukat, kolesterol LDL berkurang 14mg/d. Sementara yang berdiet lemak ketat tapi tidak makan alpukat hanya turun 7 mg/dL.

Minyak Zaitun

Kalau sudah biasa menggunakan minyak zaitun untuk masak, berarti Anda sudah membantu menjaga kesehatan tubuh. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi kadar kolesterol buruk LDL.

Minyak zaitun selain dipakai menggoreng, juga digunakan untuk salah satu campuran bumbu salad. Gunakan minyak zaitun untuk turunkan kolesterol buruk.