8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol Buruk

Tubuh perlu kolesterol, tapi jika kadar kolesterol buruk atau LDL di dalam tubuh terlalu tinggi bisa menyebabkan penyempitan arteri yang menambah risiko stroke dan sakit jantung. Kalau kadarnya sudah tinggi, bagaimana menurunkannya? Cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk.

1. Gandum

Gandum kaya serat dan dikenal sebagai havermut atau oatmeal yang berasal dari sejenis biji-bijian. Dalam studi terhadap sejumlah responden berkadar kolesterol tinggi dan setelah mengkonsumsi bubur havermut selama sebulan, terbukti kadar kolesterolnya berkurang 5%, dibanding yang makan bubur dari beras. Sementara LDL-nya bahkan berkurang 10%.

2. Bayam

Bayam juga sudah terkenal sebagai makanan yang sehat. Menurut studi terbaru, menyantap makanan yang kaya lutein, walaupun hanya setengah cangkir, bisa membantu memperkuat dinding arteri sehingga bisa mencegah kolesterin menempel ke dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

3. Margarin

Mengganti mentega dengan margarin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut studi, margarin yang mengandung sterol nabati (fitosterol) terbukti dapat menahan penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan manusia. Studi juga menunjukkan bahwa perempuan yang menggunakan banyak sterol nabati dalam diet bisa menurunkan kadar kolesterol 3,5%.

4. Havermut atau oatmeal

Mengandung beta glucan, tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oatmeal merupakan campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. Serat larut merupakan jenis serat yang menurunkan kolesterol darah. Sedangkan serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan berjalan lancar.

Sarapan havermut yang dicampur buah kering dan biji bijian lain seperti chia (muesli) dan dipadu dengan yogurt atau jus buah atau susu bisa membantu menurunkan kolesterol.