7 Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Tipes

Apakah anda mengalami penyakit tipes? penyakit tipes atau biasa dikenal dengan tifus disebabkan karena infeksi bakteri pada usus halus oleh bakteri salmonella typhi atau salmonella paratyphi a b dan c. bakteri tersebut masuk dalam tubuh anda melalui saluran pencernaan yang selanjutnya akan berkembang biak dan menembus dinding usus menuju saluran limfa dan pembuluh darah.

Jika hal ini terjadi, tentunya akan mempermudah bakteri dalam tubuh anda untuk menyebar ke seluruh pembuluh darah dan ketika anda melakukan tes laboratorium hasil akan menunjukkan bahwa sel darah putih serta trombosit anda akan mengalami penurunan. Hal ini karena ada beberapa makanan pantangan bagi orang yang sedang mengalami tipes yang mesti dihindari.

Untuk Anda penderita tipes, menjaga pola makan adalah hal yang sangat penting, mengingat sumber dari bakteri penyebab tipes disalurkan melalui makanan. Melihat hal itu biasanya penderita tipes selalu diberikan arahan untuk menjaga pola makan dan ada makanan-makanan tertentu yang sebaiknya tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes.

Makanan-makanan tersebut jika tidak dihindari saat sedang tipes, maka akan dapat memperparah tipes dan memperlambat masa pemulihan. Inilah beberapa jenis makanan pantangan tipes yang harus dihindari.

1. Makanan sumber karbohidrat

Anda yang penderita tipes tentunya mengalami masalah pada pencernaan akibat dari aktivitas bakteri. Beberapa makanan yang memiliki karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan seperti beras ketan, beras merah, beras putih, roti, ubi, jagung, singkong, talas, tarcis dan kue-kue dengan rasa manis maupun gurih.

Meskipun demikian penderita tipes tentunya membutuhkan asupan karbohidrat dan sumber karbohidrat yang diperbolehkan seperti beras yang di bubur, ditim, roti dengan tekstur halus, kentang dan makanan dari tepung-tepungan yang di bubur.

2. Sayur berserat tinggi

Sayuran yang perlu Anda hindari ketika menderita penyakit tipes seperti mentimun, sayur singkong, daun pepaya dan labu serta sayur yang tanpa dimasak terlebih dahulu sebelumnya seperti lalapan. Makanan berserat tinggi dapat menyebabkan kontraksi pada pencernaan, sehingga anda perlu mengkonsumsi makanan rendah serat seperti kacang panjang, labu siam, wortel dan juga buncis muda.

3. Buah-buahan

Beberapa buah yang tidak diperbolehkan untuk Anda penderita tipes seperti apel, jambu biji, jeruk dan buah asam. Hal ini karena buah-buahan ini memiliki rasa asam yang tinggi sehingga kurang baik untuk pencernaan. Nangka dan durian juga perlu dihindari karena dapat memicu timbulnya gas di pencernaan sehingga juga menjadi makanan pantangan tipes. Tapi, ada buah yang cocok untuk penderita tipes seperti alpukat dan pisang

4. Sumber protein hewani

Beberapa sumber protein hewani dengan tekstur kasar tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita tifus seperti daging kambing, daging sapi, ayam dan ikan asin. Anda dapat menggantinya dengan telur dan ikan yang diolah dengan tekstur halus.

5. Sumber lemak

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan dan makanan bersantan disarankan untuk dihindari saat anda sedang mengalami sakit tipes karena hal ini ditakutkan dapat menyebabkan komplikasi dari tipes Anda

6. Makanan pedas

Anda sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan pedas seperti cabe ataupun merica. Cabe maupun merica bisa memicu tipes yang lebih parah akibat dari peradangan dalam pencernaan anda.

7. Kopi dan Soda

Minuman seperti kopi, teh kental, alkohol serta soda disarankan untuk dihindari. Minuman ini disinyalir mampu memicu sakit yang lebih parah pada tipes karena dapat merusak saluran pencernaan Anda

Nah itulah makanan pantangan tipes yang harus dihindari saat sedang sakit. Cobalah Untuk menahan nafsu terhadap makanan-makanan yang perlu dihindari saat sedang tipes untuk membantu pemulihan anda. Hindari makanan diatas, disarankan untuk istirahat yang cukup, minum banyak air putih dan mengatur pola makan yang lebih baik.