10 Makanan Penyebab Rematik

Rematik merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan yang tak hanya menyerang persendian tapi juga menyerang bagian otot dan tulang bahkan hingga jaringan di area sendi. Penderita rematik didominasi oleh orang-orang yang mulai memaasuki usia lanjut.

Penyebab rematika yang sering ditemui ialah dinginya udara malan, udara yang lembab serta air dingin. Selain itu ada juga beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita rematik dan harus dikurangi kadar konsumsinya bagi Anda yang khawatir terserang penyakit rematik. Karena beberapa makanan bisa menjadi salah satu penyebab rematik yang cukup memberikan efek. Berikut beberpa diantaranya

1. Kerang

Kandungan purin di dalam kerang dapat menjadi penyebab rematik yang cukup serius. Bagi Anda yang sangat gemar mengkonsumsi makanan hasil laut ini ada baiknya mulai dikurangi porsinya mulai dari sekarang untuk mengurangi resiko terjangkit penyakit rematik. Bagi Anda penderita rematik sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan laut ini, meskipun Anda sangat menginginkannya Anda hanya diperbolehkan mengkonsumsinya dalam porsi yang sangat sedikit. Hal ini dilakukan guna mengurangi resiko memperparah penyakit rematik yang Anda derita.

2. Alkohol

Mengkonsumsi Alkohol merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mendapatkan penyakit dengan cepat. Hal ini dibuktikan dengan beragam penyakit yang dapat diderita para pecandu alkohol. Begitu pula dengan para penderita rematik. Dengan mengkonsumsi alkohol para penderita akan terserang rematik gout yang lebih parah. Ada baiknya untuk Anda untuk sama sekali tidak mengkonsumsi Alkohol dan juga menjauhkan diri dari rokok.

3. Ikan Tuna

Makanan asal laut lainnya yang dapat menjadi penyebab rematik semakin parah ialah Ikan Tuna. Meskipun memiliki nutrisi yang sangat lengkap yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya ingat, menurunkan tekanan darah tingg, membuat detak jantung lebih sehat, namun sayangnya kandungan histamine yang terdapat di dalam ikan tuna dapat menjadi faktor pemicu reaksi alergi dan keracunan yang tak terduga bagi penderita rematik

4. Kafein

Mengkonsumsi kafein terlalu berlebihan memang sudah sangat dikenal sebagai penyebab daan pemicu timbilnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit rematik atau asam urat. Anda harus menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kafein berlebihan terlebih lagi mengkonsumsi kopi di pagi hari yang sering dilakukan oleh banyak orang. Segera berhenti dari kebiasaan tersebut terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit rematik, hal ini bisa menjadi salah satu pemicu atau penyebab rematik menjadi semakin parah. Kandungan kafein tinggi yang dikonsumsi berlebihan akan menguras banyak nutrisi di dalam tubuh, hal inilah yang menjadi pemicu penyakit rematik menyerang Anda.

5. Daging Merah

Rematik dan asam urat termasuk penyakit cukup serius yang dipicu oleh konsumsi daging merah tanpa batas atau berlebihan. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging putih yang memiliki kandungan purin lebih rendah dari daging merah. Jika Anda sangat ingin mengkonsumsi daging merah, konsumsilah dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, jangan mengkonsumsi terlalu sering. Konsumsi daging sapi ketimbang mengkonsumsi daging domba atau daging kalkun.