10 Cara Alami Menghilangkan Dahak dan Lendir di Tenggorokan

Gangguan tenggorokan yang disebabkan oleh lendir tentu saja membuat kita menjadi tidak nyaman. Beberapa faktor penyebab munculnya lendir ialah infeksi bakteri atau virus, cuaca, debu, lingkungan yang kurang sehat, kekurangan cairan tubuh, alergi makanan, karena asap rokok ataupun asap kendaraan.

Munculnya lendir di tenggorokan ini biasanya disertai dengan batuk, pilek, rasa gatal atau sakit di tenggorokan, pusing, maupun demam. Adanya lendir di tenggorokan ini juga menyebabkan rasa pahit di lidah dan mulut sehingga menurunkan nafsu makan. Pada anak, biasanya akan menyebabkan berat badan (BB) anak susah naik.

Untuk mengatasi lendir di tenggorokan, cobalah beberapa cara di bawah ini yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai.

Ramuan Jeruk Nipis

Ramuan jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan lendir di tenggorokan. Ramuan ini efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit termasuk melawan bakteri atau virus penyebab radang tenggorokan.

Cara membuat: siapkan 1 buah jeruk nipis kemudian diperas untuk diambil airnya dan campurkan pada segelas air yang hangat. Campurkan madu sebagai pemanis, lalu minum selagi hangat.

Minum Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pada saluran pernafasan, termasuk untuk mengeluarkan lendir atau dahak di tenggorokan.

Cara membuat: siapkan dua ruas jahe lalu cuci sampai bersih, digepuk sebentar supaya aromanya keluar kemudian masukkan ke dalam segelas air panas. Campurkan sedikit gula

Ramuan kunyit

Kunyit juga merupakan tanaman herbal yang bersifat membunuh kuman dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan minum ramuan kunyit secara teratur dapat mengeluarkan lendir di tenggorokan dengan efektif.

Cara membuat : siapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih kemudian diparut. Dari parutan tersebut lalu diperas untuk diambil airnya dan campurkan pada setengah gelas air panas. Tunggu sampai agak hangat, tambahkan madu untuk pemanis sekaligus menambah khasiat ramuan, lalu diminum.

Daun Mint

Daun mint juga dikenal sebagai tanaman herbal yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan sering digunakan sebagai bahan alami ekspektoran (pengencer dahak).

Cara membuat : siapkan beberapa lembar daun mint, cuci sampai bersih, lalu masukkan pada segelas air panas. Tunggu beberapa saat, lalu minum selagi hangat.
Berkumur dengan

Air Garam

Berkumur dengan larutan garam juga merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan.

Cara membuat : siapkan segelas air hangat kemudian ditambahkan 1 sendok garam. Aduk hingga rata, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa kali.

Perbanyak Konsumsi Buah

Buah adalah jenis makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh dengan cara mengaktifkan berbagai enzim dan antibodi di dalam tubuh untuk melawan berbagai pennyakit. Banyak mengkonsumsi buah akan membatu membunuh kuman dan mengurangi risiko penyebab radang tenggorokan maupun saluran pernafasan sehingga lendir atau dahak yang ada di dalamnya otomatis hilang seiring matinya kuman.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami, sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab radang pada tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan bawang putih ini yaitu dengan cara memakan langsung beberapa suing bawang putih mentah-mentah atau mencampurkannya pada makanan sebagai lalapan.

Daun Pegagan

Daun pegagan, sejenis tanaman herbal. sangat kaya manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk pada saluran pernafasan.

Cara membuat : petiklah beberapa daun pegagan lalu dimasukkan dalam panci berisi dua gelas air. Lalu panaskan air, dan tunggu sampai air terisisa separuhnya (1 gelas). Kemudian saring, dan ambil airnya untuk diminum secara teratur dua kali sehari.
Perbanyak

Asupan Cairan

Untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, dapat juga dilakukan dengan memperbanyak asupan cairan air putih. Dengan minum air putih yang banyak maka daya tahan tubuh semakin meningkat, metabolisme lancar dan turut mengencerkan lender atau dahak di tenggorokan sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Agar terasa nyaman di tenggorokan, minumlah air putih dalam keadaan hangat.

Terapi Uap

Menghilangkan lendir di tenggorokan juga dapat dilakukan dengan terapi uap. Caranya yaitu dengan menyiapkan wadah berisi air panas. Kemudian campur air panas tersebut dengan beberapa tetes minyak kayu putih atau dapat juga ditambah ramuan jahe. Dekatkan muka Anda ke atas wadah tersebut, lalu hirup uap yang keluar. Bernafaslah dengan wajar, maka secara otomatis uap yang bercampur minyak kayu putih atau ramuan jahe tersebut akan meresap ke tenggorokan dan hidung sehingga dapat menghilangkan lendir dan melegakan pernafasan Anda.

Mencegah Produksi Lendir Tenggorokan

Selain tahu cara mengatasi lendir di tenggorokan sebaiknya Anda juga tahu bagaimana mencegah adanya penyakit yang mengakibatkan produksi lendir menjadi berlebih di tenggorokan. Cara pencegahannya antara lain dengan memakai masker ketika berada di tempat yang mengandung polusi udara atau di kerumunan massa yang padat, menghindari rokok, dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Jika lendir dalam tenggorokan Anda susah dikeluarkan dalam waktu yang lama, disertai dengan gejala lain misalnya batuk yang tidak kunjung sembuh, demam, keringat dingin, dan sebagainya, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk deteksi penyebab dan penanganan lebih lanjut. Salam sehat!